TY - THES N1 - Abdul Munip, M.Ag. ID - digilib18615 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18615/ A1 - NUR AISYAH SITORUS, NIM. 02421314 Y1 - 2007/04/03/ N2 - Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi dalam pembelajaran bahasa Arab dan profesionalisme guru dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis kompetensi di MAN Wonokromo Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah referensi dan kreatifitas bagi para guru babasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis kompetensi, agar pembelajaran bahasa Arab dapat dikelola secara profesional. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan mengambil latar MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode triangulasi yaitu proses mengorganisasikan data dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan suant uraian dasar sehingga dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab sudah dikelola sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi. Yang mana dalam proses pembelajaran berbasis kompetensi guru bahasa Arab sudah menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, proses penilaian juga sudah mencakup tiga aspek yaitu kognitif afektif dan psikomotorik. Hanya saja untuk penilaian pada aspek afektif dan psikomotorik tidak ada standar penilaian, sebingga guru melakukan penilaian berdasarkan perkiraan saja. Pembelajaran bahasa Arab mcngalami bambatan discbabkan fali.or yang bcrasal dari siswa, yaitu mayoritas siswa berasal dari SLTP dan barn mendapatkan pelajaran babasa Arab di MAN. Kompetensi yang dimiliki guru bahasa Arab MAN Wonokromo sudah cukup memadai, hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme gwu bal1asa Arab MAN Wonokromo sudah tercapai. Walaupun ada guru yang berasa.l dari pendidikan non keguruan namun hal itu tidak dapat dijadikan sebagai klaim bahwa guru tidak profesional menjalankan tugasnya, karena dari pengalaman mengajar yang sudah cukup lama dapat menjadikan seseorang menguasai teknik-teknik pengajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bahasa Arab KW - kompetensi M1 - skripsi TI - PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI Dl MAN WONOKROMO BANTUL AV - restricted EP - 117 ER -