<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL"^^ . "Metode pembelajaran matematika yang kebanyakan masih digunakan oleh\r\nguru adalah metode ekspositori. Guru kurang mengembangkan kegiatan\r\npembelajaran yang membuat siswa kritis dan kreatif. Pembelajaran matematika\r\nhendaknya dikaitkan seoptimal mungkin dengan kehidupan dunia nyata dan alam\r\npikiran siswa sehingga bermakna dalam kehidupan siswa dan tidak terasa abstrak.\r\nPembelajaran matematika yang kontekstual merupakan salah satu pendekatan\r\npembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa mendapat pembelajaran\r\nyang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah\r\npembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada\r\npembelajaran matematika tanpa pendekatan kontekstual pada pokok bahasan\r\nlingkaran, (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model\r\npembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-test\r\nPost-test Equivalent-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh\r\nsiswa kelas VIII MTsN Piyungan Kabupaten Bantu!. Sedangkan sampel\r\npenelitiannya diambil 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen\r\ndan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan\r\nteknik cluster random sampling.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes.\r\nAnal isis data yang digunakan meliputi anal isis deskriptif dan pengujian hipotesis.\r\nHipotesis penelitian diuji dengan uji-t. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji\r\nprasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas varians. Uji prasyarat\r\nanalisis ini dilakukan dengan menggunakan program SPS-2005-BL edisi Sutrisno\r\nHadi dan Yuni Pamardiningsih, sedangkan uji hipotesis dilakukan secara manual.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan\r\npendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran matematika tanpa\r\npendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran yang ditunjukkan oleh\r\nbasil gain skor yang oiperoleh siswa (2) Siswa memberikan tanggapan yang\r\npositif terhadap penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual\r\npada pokok bahasan lingkaran."^^ . "2007-06-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 02431121"^^ . "DIAN RAFI' RASITA"^^ . "NIM: 02431121 DIAN RAFI' RASITA"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Text)"^^ . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18618 \n\nSTUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .