%A NIM: 02431121 DIAN RAFI' RASITA %O Drs. Sugiyono, M.Pd. %T STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TANPA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL %X Metode pembelajaran matematika yang kebanyakan masih digunakan oleh guru adalah metode ekspositori. Guru kurang mengembangkan kegiatan pembelajaran yang membuat siswa kritis dan kreatif. Pembelajaran matematika hendaknya dikaitkan seoptimal mungkin dengan kehidupan dunia nyata dan alam pikiran siswa sehingga bermakna dalam kehidupan siswa dan tidak terasa abstrak. Pembelajaran matematika yang kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa mendapat pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran matematika tanpa pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran, (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-test Post-test Equivalent-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Piyungan Kabupaten Bantu!. Sedangkan sampel penelitiannya diambil 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Anal isis data yang digunakan meliputi anal isis deskriptif dan pengujian hipotesis. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas varians. Uji prasyarat analisis ini dilakukan dengan menggunakan program SPS-2005-BL edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih, sedangkan uji hipotesis dilakukan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran matematika tanpa pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran yang ditunjukkan oleh basil gain skor yang oiperoleh siswa (2) Siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan lingkaran. %K Pembelajaran konstektual %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18618