%0 Thesis %9 Skripsi %A YUSUF NOVIYANTO, NIM. 00440448 %B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan %D 2007 %F digilib:18621 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kurikulum 2UU4, Pembelajaran, Evaluasi %P 86 %T STUDI TENTANG PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER I TAHUN 2006/2007 DI SMA MA'ARIF SAW ANGAN KABUPATEN MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18621/ %X Kurikulum 2004/Kuri.kulurn. Berbasis Kompetensi, menuntut perubahan dalam pendidikan. Keberhasilan pelaksanaan kurikulum pada tingkat mata pelajaran atau tingkat pengajaran banyak bergantung kepada kemampuan guru dalam mengembangkan k:urikulum. Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengembangkan k:urikulum temtama dalam hal evaluasi maka perlu adanya penelitian. Penelitian lni bertujuan Wttuk. lll~Ug~l.ahui avakah gwu bidang studi kimiu di SMA Ma'arif Sawangan Kabupaten Magelang dalam menentukan dan menggunakan alat evaluasi telah sesuai dengan Kurikulum 2004 ( Kurikulum Berbasis Kompetensi) atau tidak. ยท Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Metode pembahasan dalam penelitian ini menggunakan metode deduktif dan induktif, untuk data yang bersifat kualitatif yaitu data yang dapat dijabarkan dengan kata-kata atau kalimat akan dipisahkan menurut kategori dalam memperoleh kesimpulan. Untuk data yang bersifat kuantitatif yang bewujud angka-angka dianalisa dengan presentase. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bidang studi kimia di SMA Ma'arif Sawangan Kabupaten Magelang belum sepenuhnya menggunakann alat evaluasi sesuai dengan k:urikulum berbasis kompetensi. Evaluasi yang digunakan oleh guru bidang studi kimia adalah ulangan harlan, tugas individu, tugas kelompok dan ulangan blok/ semester untuk ranah Kognitf, sedang untuk. ranah afektif menggunakan sikap sehari-hari pada saat pembelajaran, kedisiplinan dan keaktifan. Untuk. evaluasi ranah psikomotorik belum pemah dilakukan. Kata Kunci : Kurikulum 2UU4, Pembelajaran, Evaluasi %Z Dra. Nurrohmah