eprintid: 18624 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/86/24 datestamp: 2015-12-14 01:31:00 lastmod: 2015-12-14 01:31:00 status_changed: 2015-12-14 01:31:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD CHABIB HASBI, NIM. 08680004 title: EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Learning Cycle, Minat Belajar, Hasil belajar, Zat aditif note: Runtut Prih Utami, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Learning cycle (LC) terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTsN Pamotan pada materi zat aditif dalam makanan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen Semu (quasi experiment) dengan rancangan eksperimen control group pretest posttest. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Instrumen pengambilan data menggunakan tes (pretest dan posttest) dan data minat belajar siswa menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independen Sampel T-tes, Mann Whitney dan uji Kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa; 1). Rata-rata skor minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 47,38 dan kelas kontrol sebesar 40,58. Berdasarkan hasil uji statistik Kolmogorov-Smirnov nilai sig.(2- tailed)=0,000, yang berarti 0,000<0,05, sehingga efektifitas penggunaan model pembelajaran Learning Cycle efektif terhadap minat siswa. 2). Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 70,42 dan kelas kontrol 55,81. Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-tes, nilai sig. (2-tailed) 0,000, yang berarti 0,000<0,05, sehingga penggunaan model pembelajaran Learning Cycle efektif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Learning Cycle, Minat Belajar, Hasil belajar, Zat aditif date: 2015-08-31 date_type: published pages: 154 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD CHABIB HASBI, NIM. 08680004 (2015) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18624/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18624/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf