%0 Thesis %9 Skripsi %A SUNDARI SARASATI, NIM. 08680011 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2015 %F digilib:18626 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Mind Map, motivasi belajar, hasil belajar %P 113 %T UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP KELAS X A MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18626/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X A MAN Lab UIN dengan menggunakan metode mind map, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X A MAN Lab UIN menggunakan metode mind map. Peningkatan motivasi dan hasil belajar diupayakan dengan menggunakan metode mind map. Desain penelitian yang digunkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X A MAN Lab UIN Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi. Data motivasi siswa diperoleh melalui angket motivasi, sedangkan data hasil belajar Biologi siswa diperoleh melalui lembar soal pre-test dan post-test. Data motivasi siswa dianalisis dengan analisis deskriptif statistik dalam bentuk presentase, sedangkan data hasil belajar siswa dilakukan teknik efek pada satu rerata dengan rumus effect size d cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map dapat terlaksana dengan baik serta menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas X A MAN Lab UIN Yogyakarta. Peningkatan motivasi belajar Biologi siswa melalui metode mind map dapat dilihat dari presentase sebesar 83,5% (baik). Peningkatan hasil belajar Biologi siswa dapat diketahui dari nilai effect size d cohen sebesar 0,85 dengan kategori efek besar. Kata Kunci: Metode Mind Map, motivasi belajar, hasil belajar %Z Runtut Prih Utami, M. Pd.