%0 Thesis %9 Skripsi %A DELLA VITA, NIM. 08680027 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2015 %F digilib:18628 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K miskonsepsi, Certainty of Response Index, Sistem Ekskresi %P 92 %T IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA MENGGUNAKAN Certainty of Response Index (CRI) SISWA KELAS XI IPA SMA N 2 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18628/ %X Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi pokok sistem ekskresi manusia. 2) mengetahui sub materi sistem ekskresi manusia apa saja yang mengalami miskonsepsi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif-kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA I dan XI IPA 4 SMA N 2 Banguntapan Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda disertai dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Teknik analisis data untuk mengetahui penyebab miskonsepsi dilakukan degan cara mengkombinasikan jawaban siswa dengan nilai CRI dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 46 siswa menunjukkan miskonsepsi muncul pada sub materi struktur dan fungsi organ ekskresi pada manusia sebesar 21,74%, sub materi proses ekskresi pada manusia sebesar 25%, sub materi kelainan / penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia sebesar 15,94%/. Dengan demikian hasil analisis menunjukkan bahwa miskonsepsi berasal dari siswa itu sendiri. Siswa tidak memahami konsep secara utuh dan masih mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem ekskresi yang didalamnya banyak menggunakan bahasa atau istilah asing. Kata kunci: miskonsepsi, Certainty of Response Index, Sistem Ekskresi %Z Asih Widi Wisudawati, M.Pd