@phdthesis{digilib18630, month = {August}, title = {HASIL BELAJAR IPA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI LES TAMBAHAN DI KELAS VII AKSELERASI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 08680047 HENY RAHMAWATI}, year = {2015}, note = {Eka Sulistiyowati,S.Si., MA.MIWM}, keywords = {asil Belajar IPA, Les Tambahan, Akselerasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18630/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti les tambahan di luar sekolah dengan siswa yang hanya mengikuti les di sekolah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan bulan Agustus 2015 dengan melihat studi kasus di SMP 5 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, focus group discussion, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif menggunakan uji-t serta pendekatan kualitatif model interaktif sebagaimana dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari 3 hal utama yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kredibilitas data dicek dengan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPA biologi yang signifikan antara siswa CI.1 yang mengikuti les tambahan di luar sekolah yaitu 83,65 dengan siswa yang tidak mengikuti les tambahan di luar sekolah yaitu 83,92. Faktor-faktor yang dideteksi berpengaruh terhadap hasil belajar IPA biologi siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah antara lain : a) Faktor internal meliputi motivasi dan kelelahan. b) Faktor eksternal yang berpengaruh dominan adalah lingkungan keluarga (pola asuh dan keharmonisan keluarga), fasilitas belajar di rumah maupun di sekolah, suasana belajar, dan metode pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Les Tambahan, Akselerasi} }