eprintid: 18632 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/86/32 datestamp: 2015-12-14 01:31:36 lastmod: 2015-12-14 01:31:36 status_changed: 2015-12-14 01:31:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUTARNO, NIM. 08680069 title: PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTU ASKING CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Metode Talking Stick, Asking Card, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar note: Runtut Prih Utami, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick berbantu asking card terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi pokok pencemaran lingkungan kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Pretest Posttest Design. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X di MAN Lab UIN Yogyakarta, dengan kelas XC sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data adalah tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data motivasi belajar menggunakan uji statistik Mann-Whitney U-test, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t dua sampel atau independent sample t-test. Berdasarkan hasil angket motivasi, diperoleh skor motivasi belajar kelas kontrol sebesar 73,97 dan kelas eksperimen sebesar 79,10. Berdasarkan uji Mann Whitney U-test, motivasi belajar siswa signifikan rata-rata berbeda pada kelas kontrol dan kelas eksperimen ditunjukkan dengan p value < 0,05. Demikian pula, hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 73,64 dan kelas eksperimen sebesar 81,38. Berdasarkan uji t-test, motivasi belajar siswa pada aspek kognitif signifikan rata-rata berbeda antara kelas kontrol dan kelas eksperimen ditunjukkan dengan p value < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick berbantu asking card berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta. Kata Kunci: Metode Talking Stick, Asking Card, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar date: 2015-08-19 date_type: published pages: 157 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SUTARNO, NIM. 08680069 (2015) PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTU ASKING CARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18632/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18632/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf