%A NIM. 10680009 EVIANA ROSIDA %O Dian Noviar, M.Pd.Si %T PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH “SAMPAH DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN” PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul biologi “Sampah dan Pengelolaan Lingkungan” dan mengetahui kualitas modul biologi yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk Siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) tetapi dibatasi sampai tahapan ADDE (Analysis, Design, Development, and Evaluation) karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen penilaian produk berupa lembar angket check list. Modul biologi ini dinilai oleh 1 orang ahli media , 1 orang ahli materi, 4 orang peer reviewer, 3 orang guru biologi dan 10 orang siswa kelas XI MAN Yogyakarta III untuk mengetahui respon siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah menjadi kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa modul biologi berbasis Scientific Approach yang telah dikembangkan dengan model ADDIE diperoleh hasil dari penilaian ahli media menunjukkan kualitas modul Sangat Baik (94%), ahli materi termasuk kategori Baik (75%), peer reviewer termasuk kategori Sangat Baik (89,32%), guru biologi dalam kategori Baik (75,93%). Demikian pula hasil respon siswa menunjukkan modul biologi termasuk kategori Sangat Baik (84,98%). Dengan demikian, modul biologi Sampah dan Pengelolaan Lingkungan yang telah dikembangkan dengan model ADDIE menunjukkan kualitas Sangat Baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas X SMA/MA. Kata-kata kunci: Bahan Ajar, Modul Biologi, Sampah %K Bahan Ajar, Modul Biologi, Sampah %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18635