TY - THES N1 - Runtut Prih Utami, M.Pd. ID - digilib18637 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18637/ A1 - HAIBATUN NISA', NIM. 10680051 Y1 - 2015/08/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) melalui praktikum terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor kelas VII di SMP N 14 Yogyakarta materi sistem organisasi kehidupan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest/posttest) dan non test (angket dan lembar observasi). Analisis data hasil belajar pada aspek kognitif menggunakan t-test for two independent sampel, sedangkan untuk hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000. nilai 0.000 < ? (0,05)). 2) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji Mann Whitney sebesar sebesar 0,001. nilai 0,001 < ? (0,05)). 3) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek psikomotor (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji Mann Whitney sebesar 0,000. nilai 0,000 < ? (0,05)). Kata Kunci : pendekatan SAVI, praktikum, hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pendekatan SAVI KW - praktikum KW - hasil belajar (kognitif KW - afektif dan psikomotor). M1 - skripsi TI - PENGARUH PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL ) MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted EP - 202 ER -