eprintid: 18637 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/86/37 datestamp: 2015-12-15 01:33:34 lastmod: 2015-12-15 01:33:34 status_changed: 2015-12-15 01:33:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HAIBATUN NISA', NIM. 10680051 title: PENGARUH PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL ) MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: pendekatan SAVI, praktikum, hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor). note: Runtut Prih Utami, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) melalui praktikum terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor kelas VII di SMP N 14 Yogyakarta materi sistem organisasi kehidupan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest/posttest) dan non test (angket dan lembar observasi). Analisis data hasil belajar pada aspek kognitif menggunakan t-test for two independent sampel, sedangkan untuk hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000. nilai 0.000 < α (0,05)). 2) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji Mann Whitney sebesar sebesar 0,001. nilai 0,001 < α (0,05)). 3) Pendekatan SAVI melalui praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek psikomotor (ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji Mann Whitney sebesar 0,000. nilai 0,000 < α (0,05)). Kata Kunci : pendekatan SAVI, praktikum, hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor). date: 2015-08-14 date_type: published pages: 202 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Sains dan teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HAIBATUN NISA', NIM. 10680051 (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL ) MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18637/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18637/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf