@phdthesis{digilib18639, month = {October}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM BIOLOGI MATERI Archaebacteria Dan Eubacteria UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10680054 ZUKHRUFATUL AZIZAH}, year = {2015}, note = {Lela Susilawati, M.Si.}, keywords = {instrumen penilaian, praktikum, aspek psikomotor, Archaebacteria dan Eubacteria.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18639/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian aspek psikomotor pada praktikum biologi materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa SMA/MA kelas X dan mengetahui kualitasnya sebagai alat penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R\&D) dengan menggunakan 3 tahap awal dari model pengembangan 4-D yaitu Define, Design dan Development. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri 7 komponen yaitu kelayakan materi/isi, penyajian materi/isi, bahasa, grafika, objektifitas, substansi dan keterlaksanaan. Produk dinilai dan dilakukan validasi desain oleh ahli materi, ahli media dan ahli evaluasi serta dinilai oleh 5 peer reviewer. Uji keterbacaan produk dilakukan oleh 3 guru biologi dan 15 siswa MAN Kandangan. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil penilaian dikonversi menjadi skor kuantitatif. Kualitas produk menurut penilaian reviewer dan peer reviewer berkategori sangat baik. Kualitas produk menurut guru biologi dan siswa berkategori sangat baik dengan persentase keidealan 83,60\% dan 81,90\%. Dengan demikian Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor layak dan dapat digunakan sebagai salah satu alat penilaian dalam kegiatan praktikum biologi untuk siswa SMA/MA kelas X. Kata kunci: instrumen penilaian, praktikum, aspek psikomotor, Archaebacteria dan Eubacteria.} }