%0 Thesis %9 Skripsi %A NOR KHASANAH, NIM. 01410699 %B Fakultas Tarbiyah %D 2007 %F digilib:18674 %I UIN Sunan Kalijaga %T PERANAN CORPS DAKWAH MASJID SYUHADA DALAM MEMBINA AKHLAK REMAJA DI MASJID SYUHADA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18674/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pembinaan akhlak remaja, materi dan metode yang digunakan dalam rangka membina akhlak remaja beserta peranan Corps Dakwah Masjid Syuhada dalam membina Akhlak remaja di masjid Syuhada yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang CDMS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan tehnik analisis data kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitaian ini menunjukkan: bahwa dalam melakukan pembinaan akhlak CDMS melakukan dengan berbagai macam kegiatan yang diadakan baik bcrsifat rutin maupun bersifat insidental. Adapun kegiatan rutin yang dilakukan CDMS adalah pengajian seminggu 3x yaitu Pengajian Ahad Pagi, Rabu Pagi dan Jumat Pagi, Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) dan kajian keputrian, dan sahabat pelajar Yogyakarta (SMART). Adapun kegiatan yang sifatnya tidak rutin adalah kegiatan outbound training dan peringatan hari besar Islam (PHBI) Pelaksanan pembinan Akhlak sudah melibatkan seluruh elemen yang ada dalam masjid Syuhada terutama kaum remajanya supaya para remaja menambah wawasan pengetahuan, pengalaman dan praktik ibadah yang ada dalam ajaran Islam. Dalam membina akhlak remaja CDMS menggunakan beberapa metode yaitu: ceramah, tanya jawab, diskusi dan keteladanan. Dalam memberikan pembinan akhlak bagi remaja CDSM memiliki beberapa peranan diantaranya sebagai Fasilitator karena CDMS memberikan berbagai fasilitas bagi para remaja yang berniat untuk untuk memperbaiki akhlak melalui mengikuti secara ruti kegiatan-kegiatan yang ada dalam CDMS. Kedua sebagai mobilisator karena CDMS bertujuan ntuk memobilisasi remaja menuju ke arah kebaikan baik di dunia maupun akhirat. Ketiga sebagai Sunber Daya manusia untuk meningkatkan potensi yang dimiliki para remaja. Keempat sebagai Agent of development karena dengan mengikuti kegiatan yang diadakn CDMS diharapkan para remaja berubah menu ju ke arah yang lebih baik. Kelima peranan CDMS sebagai Pusat Pembinaan yaitu dengan semua program-program yang telah dijalankan berarti CDMS telah berfungsi sebagai tempat pusat pembinaan. CDMS juga telah berhasil mengembangkan diri bukan hanya sebagai Jembaga pendidikan dan keagamaan saja akan tetapijuga sebagai lembaga pusat pengembangan diri bagi para remaja. %Z Drs. Radino,. M.Ag