%0 Thesis %9 Skripsi %A Andi Priyana, NIM.03141670 %B Fakultas Adab %D 2007 %F digilib:18681 %I UIN Sunan Kalijaga %K Pemanfaatan koleksi buku braille, Perpustakaan sekolah %T PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU BRAILLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18681/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi buku braille sebagai sumber belajar siswa di SLB/ A Yaketunis Y ogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan subyek penelitian pemakai perpustakaan yang dalam penelitian ini adalah siswa. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang meliputi seluruh siswa SLB/ A Y aketunis Y ogyakarta yang berjumlah 17 siswa. Hasil dari penelitian diketahui bahwa seluruh siswa (100%) mendapatkan buku braille dengan cara meminjam di perpustakaan, sedangkan koleksi braille yang sering dipinjam dan dibaca adalah buku paket. Tujuan siswa memanfaatkan koleksi buku braille 41,2% menyatakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah, hal ini sesuai dengan alasan siswa memanfaatkan koleksi buku braille yakni 58,8% siswa menyatakan untuk mendapatkan sumber belajar dalam mengerjakan tugas. Keterampilan pustakawan dalam melayani siswa 64, 7% menyatakan sangat bagus. Selain itu, 82,4% siswa menyatakan bahwa keberadaan buku braille adalah sangat penting tetapi kondisi fisik buku braille 58,8% siswa menyatakan kurang bagus. Pada aspek penggunaan fasilitas penelusuran 52,9% siswa menyatakan kadangkadang mengunakan fasilitas penelusuran. Mengingat pentingnya keberadaan koleksi braille sebagai sumber belajar siswa maka diharapkan perpustakaan SLB/ A Y aketunis mampu menambah dan merawat koleksi baik itu dalam bentuk buku braille maupun buku bicara. %Z Anis Masruri, S.Ag., SIP.,MIP