<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100)"^^ . "Strukturalisme Levi-Strauss .. merupakan epistimologi yang mengkritik teori\r\nevolusi dan difusi dalam kajian ilmu sosial budaya. Epistimologi ini memiliki asumsi\r\ndasar bahwa fen omena bahasa itu mirip dengan fen omena budaya (Levi-Strauss, 1972:71 ),\r\nsehingga dalam mengkaji keduanya, kita bisa menilik atau bertolak dari salah satunya.\r\nBahasa adalah cermin budaya masyarakat setempat, dari bahasa kita dapat mengetahui\r\nbagaimana budaya masyarakat setempat.\r\nStrukturalisme ini merupakan anak kandung strukturaiisme yang diperkenalkan\r\nFerdinand de Saussure.De Saussure beranggapan bahwa seluruh realitas ini dapat\r\ndianggap dan diposisikan sebagai sebuah tanda, seluruh eksistensi tergantung pada\r\neksistensi yang lainnya, sehingga ia adalah kritik terhadap faham eksistensialisme ketika\r\nitu. Oleh karena itu, dalam teori ini yang dicari adalah relasi-relasi antar tanda tersebut.\r\nRelasi tersebut bisa berupa relasi sintagmatik maupun paradigmatik.\r\nPenerapan epistimologi ini pada AI-Qur'an memiliki konsekwensi yaitu bahwa\r\nkita harus menganggap AI-Qur'an sebagai sebuah teks. Artinya, ayat-ayat yang terdapat\r\ndalam Al-Qur'an adalah kode komunikasi antara Muhammad sebagai komunikan dengan\r\nTuhan sebagai komunikatornya, sedangkan Malaikat Jibril sebagai perantaranya.\r\nSelanjutnya, karena ia adalah sebuah bahasa yang dalam bentuk bahasa arab, maka\r\nbahasa itu dapat digunakan untuk me.mahami kebudayaan masyarakat ,pemilik bahasa\r\ntersebut. Artinya, Ayat-ayat Al-Qur'an ini merupakan cermin bagi kebudayaan\r\nmasyarakat arab. Adanya hubungan antara ayat dengan budaya dalam kajian keilmuwan\r\nAI-Quran bisa ditilik dari konsep Nisikh, Mansiikh, wal;yu, •Munisabah serta konsep\r\nAsbabun Nuzul (Nasr Hamid, 2001: 24)\r\nPenggunaan Al-Nisa' ayat 71-100 sebagai objek dalam penelitian ini, disebabkan\r\nmemungkinkannya ayat-ayat ini untuk dikaji dengan strukturalisme Levi -Strauss, karena\r\nayat-ayat ini mengisahkan tentang kontlik kelas yang ada di Makah maupun di Madinah,\r\nsehingga mudah untuk mendapatkan etnografi. Data etnografi dari ayat -ayat ini bisa\r\ndidapatkan dari tafsir-tafsir maupun dari buku-buku sejarah kehidupan Muhammad.\r\nSecara surface structure kontlik yang teljadi antara Muhammad dengan Abdullah\r\nbin Ubay maupun dengan orang-orang yahudi adalah konflik antara imigran dengan\r\npenduduk tetap. Selain itu, terjadi pula kontlik antara Abu Sufyan dengan Muhammad,\r\nyang sama-sama orang Makkah. Abu Sufyan merepresentasikan kelas bangsawan dari\r\nMakah, sementara Muhammad merupakan kelas tertindas. Meskipun demikian, hubungan\r\nMuhammad dengan Abu Sufyan ini adalah hubungan darah yaitu sama-sama cucu dari\r\nQusay, sehingga secara genealogis Muhammad memiliki darah bangsawan, begitupun\r\nposisi Muhammad di Madinah, meskipun Muhammad adalah penduduk Makkah, namun\r\ndarah yang mengalir dalam diri Muhammad terdapat darah bangsawan dari suku Khazraj.\r\nKedua konflik ini, diakhiri dengan kemenangan di pihak Muhammad. Kemenangan\r\ntersebut menunjukkan keunggulan Muhammad dari Abu Sufyan maupun Abdullah bin\r\nUbay.\r\nSetelah mengkaji melalui model strukturalisme levi-Strauss, yaitu secara\r\nsintagmatik maupun paradigmatik dari tokoh-tokoh tersebut, dapat ditemukan hidden\r\nmessagenya, yaitu ayat-ayat ini mengungkap mengenai konsep pemimpin ideal dalam\r\nmasyarakat arab ketika itu. Pemimpin ideal ketika itu adalah Muhammad, Muhammad ini\r\nada1ah tokoh yang mampu untuk mengatasi segala struktui, ia dapat diterima oleh seluruh\r\nkelas yang berada dalam masyarakat arab ketika itu."^^ . "2007-09-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 01530829"^^ . "NUR LZZA MILLATI"^^ . "NIM. 01530829 NUR LZZA MILLATI"^^ . . . . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Text)"^^ . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Other)"^^ . . . . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Other)"^^ . . . . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Other)"^^ . . . . . . "KELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN\r\n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18702 \n\nKELAS SOSIAL DALAM AL-QUR' AN \n(ANALISIS STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS ATAS Q.S. AL-NISA' AYAT 71-100)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .