%0 Thesis
%9 Skripsi
%A SRI LESTARI, NIM. 11680009
%B Fakultas Sains dan Teknologi
%D 2015
%F digilib:18720
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Model Project Based Learning, Information and Communication Technology, Minat, Hasil Belajar.
%P 251
%T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XMIA MAN YOGYAKARTA III
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18720/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Project Based Learning (PjBL) berbasis Information and Communication  Technology (ICT) terhadap hasil belajar, minat, dan tanggapan siswa dalam  pembelajaran biologi kelas XMIA MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan  penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperiment) dengan desain penelitian  Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas  XMIA MAN Yogyakarta III. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang  diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas XMIA 1 sebagai kelas  eksperimen dan kelas XMIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data  dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji  statistik Mann Whitney U test dan Independent Samples t-test, serta analisis secara  deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model  pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT terhadap hasil belajar kognitif  siswa kelas XMIA 1 MAN Yogyakarta III. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata  nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 80,17 sementara kelas kontrol  sebesar 71,29, serta hasil uji statistik terhadap hasil posttest diperoleh nilai  sig.(2tailed) sebesar 0,002 < α (0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa  terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning  berbasis ICT terhadap minat belajar siswa kelas XMIA 1 MAN Yogyakarta III.  Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor angket minat belajar siswa kelas  eksperimen sebesar 81,87 sementara kelas kontrol sebesar 78,36, serta hasil uji  statistik terhadap data minat belajar diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,026 < α  (0,05). Siswa kelas XMIA memberikan tanggapan sangat baik terhadap  penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis ICT dengan  persentase rata-rata tanggapan sebesar 85,94.  Kata kunci: Model Project Based Learning, Information and Communication Technology, Minat, Hasil Belajar.
%Z Dias Idha Pramesti, M.Si.