eprintid: 18724 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/87/24 datestamp: 2015-12-18 07:04:42 lastmod: 2015-12-18 07:04:42 status_changed: 2015-12-18 07:04:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SHOFWATUL MALA, NIM. 11680054 title: KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA KELAS XI di SMAN 1 SEWON ispublished: pub subjects: jur_kaunia divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Komparasi, model pembelajaran kooperatif tipe GI, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa note: Runtut Prih Utami, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI, tipe STAD, dan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction); (2) tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen dengan desain penelitian Pretest posttest control group design dengan dua macam perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sewon, Bantul, Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah tiga kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen GI, kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen STAD, dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan simple random sampling menggunakan undian. Purposive sampling digunakan karena ada satu kelas istimewa yang tidak bisa dijadikan sampel. Data hasil pretest siswa dianalisis menggunakan analisis ANOVA, data hasil posttest siswa dianalisis menggunakan Kruskall-Wallis, dan data angket tanggapan siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran GI, STAD, dan konvensional dengan taraf signifikansi P < 0,05; (2) Siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan ratarata persentase tanggapan sebesar 76,8%; dan tanggapan yang sangat baik oleh siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan rata-rata persentase tanggapan sebesar 80,8%. Kata Kunci: Komparasi, model pembelajaran kooperatif tipe GI, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa date: 2015-10-07 date_type: published pages: 212 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SHOFWATUL MALA, NIM. 11680054 (2015) KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA KELAS XI di SMAN 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18724/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18724/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf