relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18746/ title: STRATEGI MEDIA RELATIONS PT PETROKIMIA GRESIK UNTUK MENINGKATKAN PUBLISITAS DI MEDIA MASSA creator: SRI HIDAYATI, NIM. 11730145 subject: Ilmu Komunikasi description: PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada dibawah naungan PT Pupuk Indonesia Holding Commpany (PIHC). Sebagai perusahaan pupuk terbesar dan terlengkap di Indonesia, PT Petrokimia Gresik dipercaya oleh pemerintah untuk memasok 50% kebutuhan pupuk subsidi nasional, dengan begitu PT Petrokimia Gresik dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, melalui swasembada pangan dan pengembangan usaha berbasis pertanian (sahabat tani) diseluruh pelosok Indonesia. Dalam kondisi ini, peran media massa menjadi sangat penting untuk membantu mengkomunikasikan setiap informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang baik antara humas Petrokimia Gresik dan media massa sehingga proses penyampaian informasi kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik dan optimal. Namun di sisi lain, PT Petrokimia Gresik lebih sering diberitakan negatif oleh media massa, sehingga publisitasnya semakin hari semakin meredup, maka dibuatlah strategi untuk meminimalisir pemberitaan negatif tersebut dan menaikan publisitasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi media relations PT Petrokimia Gresik untuk meningkatkan publisitas dimedia massa. Menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui pengumpulan data primer maupun sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, dan wawancara pada bagian humas petrokimia gresik sedangkan data skunder diperoleh melalui pengkajian buku-buku penunjang penelitian, internet dan bahan-bahan lain sesuai dengan kajian penelitian. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka humas Petrokimia Gresik menerapkan 6 strategi media relations yaitu by serving the media, by establishing a reputation for reliability, by supplying good copy, by coorperations in providing material, by providing verifivation facilities, dan by building personal relationship with the media. Dengan strategi tersebut jumlah publisitas positif mengalami peningkatan bertahap setiap tahunnya. Pada tahun 2011 publisitas berjumlah 153, tahun 2012 berjumlah 205, tahun 2013 berjumlah 217, dan tahun 2014 berjumlah 256. date: 2015-09-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18746/2/11730145_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18746/1/11730145_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf identifier: SRI HIDAYATI, NIM. 11730145 (2015) STRATEGI MEDIA RELATIONS PT PETROKIMIA GRESIK UNTUK MENINGKATKAN PUBLISITAS DI MEDIA MASSA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.