%A NIM. 09710032 DWI SRI LESTARI
%O Maya Fitria, S.Psi, M.A, Psi.
%T PENYESUAIAN SOSIAL PADA MAHASISWA DIFABEL RUNGU
%X [INDONESIA]
Pendengaran merupakan indera yang sangat penting bagi manusia.
Melalui indera pendengaran manusia dapat menangkap dan menyadari suara-suara
di sekelilingnya. Kehilangan pendengaran pada seseorang akan menghambat
komunikasi terhadap lingkungan sekitar, sedangkan komunikasi sendiri
merupakan hal yang sangat penting dalam proses menyesuaikan diri di dalam
lingkungan sekitar, termasuk lingkungan perkuliahan. Untuk itu dilakukan
penelitian yang bertujuan melihat bagaimana penyesuaian sosial pada difabel
rungu yang menempuh pendidikan di bangku perkuliahan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan
penelitian adalah tiga mahasiswa difabel rungu dengan pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan memiliki penyesuaian sosial
yang cenderung baik di dalam perkuliahan dengan cara mendayagunakan potensi
yang dimilikinya. Faktor terbesar yang mempengaruhi penyesuaian sosial pada
ketiga informan adalah penerimaan dan dukungan dari keluarga. Adanya
kepercayaan terhadap kuasa Tuhan juga menjadi penguat untuk menjalani
kehidupan sebagai individu dengan keterbatasan pendengaran.
Kata kunci : Penyesuaian sosial, Mahasiswa, Difabel rungu
[ENGLISH]
Auditory system is a very important part of human body. From those
systems we can reach and realize the sounds around us. Being the deaf fro
somebody will impeding communications to the environment, meanwhile
communication was a great important parts to adapted, include in academical
environment. So that this reasearch conducted to see how social adaptation of the
deaf difable students which study in academy. This research use qualitative as the
methode with phenomenology approachment. Subjects are three deaf difable
students which choosen by purposive sampling. Data collecting use interview,
observation and documentation study. Data analysis used qualitative data
analysis interactive model. Result of this research show that all the informan had
a good tendency for their social adaptation in study with powering their
potentions. The biggest factor which influencing the adaptation are acceptence
and family support. The existence of believing God also makes them stronger to
face the real life as an individu which had a different abilities.
Keywords: Social adaptation, Student, Deaf people
%K Penyesuaian sosial, Mahasiswa, Difabel rungu
%D 2015
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib18756