TY - THES N1 - Retno Pandan Arum Kusumawardhani, S. Psi., M. Si., Psi. ID - digilib18772 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18772/ A1 - AHMAD FAIZAL WINASTIAJI, NIM. 10710091 Y1 - 2015/06/12/ N2 - Sebuah penelitian kualitatif yang dilatarbelakangi oleh sebuah fakta jika pengidolaan adalah perilaku khusus remaja dan seharusnya tidak akan muncul di usia dewasa. Fakta yang terkumpul di lapangan dan berbagai media menunjukkan jika pengidolaan masih dilakukan oleh individu usia dewasa. Sehingga penelitian ini berusaha menggambarkan pengidolaan dan menjelaskan motivasi pengidolaan pada individu usia dewasa. Informan terdiri dari tiga orang berusia dewasa yang menjadi fans atau penggemar dari idola yang berkecimpung di ranah populer. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan teknik koding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengidolaan yang dilakukan informan adalah manifestasi dari minat terhadap idolanya. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengidolaan antara lain karakteristik idola, objek idola, media masa, dan lingkungan. Motivasi yang mendasari pengidolaan informan adalah kebutuhan kesenangan atau hiburan, hubungan sosial, dan kebutuhan kognitif. Kemudian bentuk-bentuk perilaku pengidolaan yaitu menyaksikan konser, mengikuti informasi terbaru idola, mengumpulkan merchandise idola, bergabung dengan komunitas fans, mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu idola, membuat studio mini untuk memajang merchandise idola, menghafal chord gitar lagu milik idola, dan mencoba meniru idola. Pengidolaan tersebut juga berdampak pada kehidupan informan dalam segi sosial, afektif, kognitif, dan ekonomi. Kata Kunci: Motivasi, Pengidolaan, Idola Populer, Usia Dewasa PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Motivasi KW - Pengidolaan KW - Idola Populer KW - Usia Dewasa M1 - skripsi TI - MOTIVASI PENGIDOLAAN TERHADAP IDOLA POPULER PADA INDIVIDU USIA DEWASA AV - restricted EP - 386 ER -