%A NIM. 10710091 AHMAD FAIZAL WINASTIAJI
%O Retno Pandan Arum Kusumawardhani, S. Psi., M. Si., Psi.
%T MOTIVASI PENGIDOLAAN TERHADAP IDOLA POPULER PADA INDIVIDU USIA DEWASA
%X Sebuah penelitian kualitatif yang dilatarbelakangi oleh sebuah fakta jika
pengidolaan adalah perilaku khusus remaja dan seharusnya tidak akan muncul di
usia dewasa. Fakta yang terkumpul di lapangan dan berbagai media menunjukkan
jika pengidolaan masih dilakukan oleh individu usia dewasa. Sehingga penelitian
ini berusaha menggambarkan pengidolaan dan menjelaskan motivasi pengidolaan
pada individu usia dewasa. Informan terdiri dari tiga orang berusia dewasa yang
menjadi fans atau penggemar dari idola yang berkecimpung di ranah populer.
Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode observasi dan
wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan teknik koding.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengidolaan yang dilakukan
informan adalah manifestasi dari minat terhadap idolanya. Faktor-faktor yang
mempengaruhi pengidolaan antara lain karakteristik idola, objek idola, media
masa, dan lingkungan. Motivasi yang mendasari pengidolaan informan adalah
kebutuhan kesenangan atau hiburan, hubungan sosial, dan kebutuhan kognitif.
Kemudian bentuk-bentuk perilaku pengidolaan yaitu menyaksikan konser,
mengikuti informasi terbaru idola, mengumpulkan merchandise idola, bergabung
dengan komunitas fans, mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu idola,
membuat studio mini untuk memajang merchandise idola, menghafal chord gitar
lagu milik idola, dan mencoba meniru idola. Pengidolaan tersebut juga berdampak
pada kehidupan informan dalam segi sosial, afektif, kognitif, dan ekonomi.
Kata Kunci: Motivasi, Pengidolaan, Idola Populer, Usia Dewasa
%K Motivasi, Pengidolaan, Idola Populer, Usia Dewasa
%D 2015
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib18772