<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI)"^^ . "Sepertinya tidak bisa dipisahkan antara sejarah peradaban Manusia\r\ndengan Agama, Islam yang datang kemudian, tidak luput dari polemik\r\nperadaban umat-umat terdahulu. Islam dengan pokok ajarannya termuat\r\ndalam al-Qur’a n, tentunya tidak menginginkan tercampur dengan ajaranajaran\r\numat terdahulu, karena Islam adalah penutup dan penyempurna\r\nsekalian agama dan ajaran.\r\nFenomena Isra iliyya t yang menyusup ke dalam al-Qur’a n,\r\nmemberikan dampak pro dan kontra di kalangan umat Islam sendiri,\r\nsehingga seolah, Isra iliyya t ini memang tidak bisa dihindari, maka para\r\nulama mencoba mengambil jalan tengah-tengahnya, sepertinya halnya ibn\r\nTaimiyah berpendapat bahwa, bila Isra iliyya t sejalan dengan ajaran Islam\r\nmaka boleh membenarkan dan meriwayatkannya, sedangkan Isra iliyya t\r\nyang nyata-nyata bertentangan dengan ajaran Islam, maka tidak boleh\r\nuntuk membenarkan dan meriwayatkannya, sedangkan Isra iliyya t yang\r\ntidak masuk kepada keduanya cukup mendiamkannya, dengan kata lain\r\nboleh meriwayatkan dan tidak mendustakannya (maskut anhu).\r\nTidak terkecuali al-Thabar i, peletak dasar kitab tafsir bi al-ma’s\\ur,\r\ngenerasi awal ini, cukup banyak memuat riwayat Isra iliyya t dari ahli kitab,\r\nseperti, Ka’ab al-Akhbar, Wahab bin Munabbih dan ibn Juraij. Menjadikan\r\npolemik tersendiri di kalangan pengkaji tafsir, apalagi tafsir al-Thabar i\r\nmerupakan referensi utama dalam penafsiran.\r\nBerangkat dari permasalahan di atas maka dapat dirumuskan sebagai\r\nberikut:\r\nPertama, Isra iliyya t apa saja yang termuat di dalam kisah surat al-\r\nKahfi\r\nKedua, Mengapa al-Thabari sebagai seorang ahli sejarah banyak\r\nmeriwayatkan Isra iliyya t, dan bagaimana pandangan al-Thabar i terhadap\r\nkisah Isra iliyya t tentang kisah di dalam surat al-Kahfi\r\nBerdasarkan rumusan masalah tersebut dalam penelitian tesis ini\r\nditemukan beberapa hal. Pertama, Isra iliyya t yang termuat di dalam surat\r\nal-Kahfi begitu cukup banyak, seperti kisah Ashabul Kahfi, kisah Musa dan\r\nKhidir, Kisah Dzulqarnain dan Ya’ju j Ma’ju j.\r\nKedua, Hadis-hadis Nabi yang memberikan kelonggaran untuk\r\nmendengarkan sesuatu dari ahli kitab, dan keislamannya beberapa ahli\r\nxv\r\nkitab yang terkenal, juga dengan pengetahuan dan ajaran agama yang\r\nmereka kuasai sebelumnya, menjadi faktor kenapa at-Thabar i\r\nmeriwayatkan Isra iliyya t dalam penafsirannya. Adapun padangan at-\r\nThabari terhadap kisah Isra iliyya t di dalam surat al-Kahfi disebabkan oleh\r\nfaktor sejarah peradaban. Tidak dapat dipungkiri bahwa Yahudi dan\r\nNasrani sudah bermukim di sekitar jazirah Arab, dan mereka sudah\r\nmempunyai peradaban tinggi dibanding orang-orang Arab sendiri, bahkan\r\nperadaban Yahudi dan Nasrani ini sudah muncul sebelum datangnya Islam,\r\ndan berkembang di tengah-tengah masyakat Arab sampai setelah Islam\r\ndatang, juga di lain sisi, at-Thabari memposisikan dirinya hanya sebagai\r\npenyampai sanadnya saja, tanpa ia memberika komentar atau\r\nmengkritiknya, kecuali sebagian.\r\nMaka permurnian kisah yang termuat di dalam surat al-Kahfi\r\ndipandang cukup penting, agar terhindar dari khurafat dan kebatilan.\r\nkhususnya dalam tafsir al-Thabar i, juga kiranya al-Thabari, tidak dipadang\r\nsebagai ulama yang banyak meriwayatkan Isra iliyya t, dan hanya bertugas\r\nsebagai periwayat sanadnya saja, akan tetapi ia punya\r\nalasan tersendiri\r\nkenapa ia meriwayatkan Isra iliyya t di dalam tafsirnya"^^ . "2015-07-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320511033"^^ . "JUL HENDRI, LC"^^ . "NIM. 1320511033 JUL HENDRI, LC"^^ . . . . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Text)"^^ . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Text)"^^ . . . "1320511033_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Other)"^^ . . . . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Other)"^^ . . . . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Other)"^^ . . . . . . "KISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN\r\n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18803 \n\nKISAH-KISAH ISRA QUR’AN ILIYYA QUR’AN DALAM PENAFSIRAN AL-THABARI QUR’AN \n(STUDI ATAS PENAFSIRAN AL-THABARI TENTANG KISAH DI DALAM SURAT AL-KAHFI)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .