TY - THES N1 - Dr. H. Maksudin, M.Ag. ID - digilib18840 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18840/ A1 - MUBTADI`IN, NIM. 1320410055 Y1 - 2015/06/12/ N2 - KOMPARASI BUKU AS-?ARF AL-W??I? DAN AL-AM?ILATU AL-TA?R?FIYYAH (Kajian Metodologi Pembelajaran Qaw??id). Problematika pembelajaran bahasa Arab terjadi hampir di seluruh elemen, baik kurikulum, pendekatan, metode, media, materi, termasuk pembelajaran ?araf. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab, baik oleh kalangan akademisi maupun non akademisi. Dari sekian elemen pembelajaran bahasa Arab, materi pelajaran merupakan sarana yang paling penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sampai saat ini materi pelajaran pada umumnya tersusun dalam bentuk buku teks (text books). Buku teks tersebut membantu sukses dan berhasilnya pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Fokus penelitian ini adalah komparasi buku As-?araf al-w??i? dan alam?ilatu al-ta?r?fiyyah kajian metodologi (metode) pembelajaran qaw?id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam menyampaikan meteri, serta ingin mengetahui bagaimana penerapan seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi dalam kedua buku tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk jenis penelitianya adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam buku yang ada di perpustakaan. Objek penelitian ini adalah buku teks (as-?arf al-w??i? dan al-am?ilatu al-ta?r?fiyyah) yang masuk pada rumpun bahasa Arab, sekaligus menjadi sampel penelitian. Buku, kitab, dokumen, dan jurnal yang relevan dengan tema ini, baik cetak maupun non cetak yang mendukung penelitian menjadi data sekunder yang membantu peneliti dalam proses penyelesaian penelitian. Ada dua metode yang digunakan dalam pembelajaan ?araf yaitu metode praktek - teori dan metode deduktif, namun metode yang dominan digunakan adalah metode praktek ? teori. Metode praktek lebih efektif dalam membimbing peserta didik agar lebih aktif dalam belajar ilmu ?araf. Dalam seleksi materi pelajaran buku ?araf ini didasarkan pada tujuan, yaitu mampu mengubah satu kata menjadi beberapa bentuk kata serta bentuk tasrifan baik istilahi mupun lugawi. Sedangkan untuk gradasi dibagi menjadi dua yaitu pengelompokan dan pengurutan. Untuk presentasi menggunakan prosedur diferensial dan kontekstual. Dan untuk repetisi dalam materi buku saraf al-am?ilatu al-ta?r?fiyyah dan al-?arf al-w??i? peserta didik hendaknya mengulang dan menghafalkan materi pelajaran agar mudah mengingatnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Komparasi KW - al-?arf al-w??i? KW - al-am?ilatu al-ta?r?fiyyah M1 - masters TI - KOMPARASI BUKU AS-?ARF AL-W??I? DAN AL-AM?ILATU AL-TA?R?FIYYAH (KAJIAN METODOLOGI PEMBELAJARAN QAW?`ID) AV - restricted ER -