<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA)"^^ . "Agus Sulistiyo Hadi, S.Pd.I NIM 1320411203. “Kurikulum Pendidikan Islam di Pondok\r\nPesantren Mahasiswa (Studi di Pondok Pesantren UII dan Lembaga Kajian Islam Mahasiswa\r\nAsrama Mahasiswa Sunan Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta)”, di bawah bimbingan Dr. H.\r\nUsman, S.S.,M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kurikulum Pendidikan Islam\r\ndi Pondok Pesantren UII dan Lembaga Kajian Islam Mahasiswa. (2) Karakteristik kurikulum\r\npendidikan Islam di Pondok Pesantren UII dan Lembaga Kajian Islam Mahasiswa. (3) Perbedaan\r\nkurikulum pendidikan Islam di Pondok Pesantren UII dan Lembaga Kajian Islam Mahasiswa\r\n(LKIM) Asrama Mahasiswa Sunan.\r\nPenelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren UII dan Lembaga Kajian Islam\r\nMahasiswa Asrama Mahasiswa Sunan Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak\r\nYogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan menekankan pada\r\ndeskripsi dan menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research) yang memfokuskan pada\r\nstudi Analisis.\r\nHasil penelitian yang didapatkan bahwa Pondok Pesantren UII menyatakan: (1) Sistem\r\npendidikan yang digunakan adalah sistem Satuan Kredit Semester (SKS), (2) Tujuan kurikulum\r\nPondok Pesantren UII adalah mencetak kader-kader umat yang memiliki keunggulan dan\r\nkompetensi di bidang pemikiran keagamaan, keilmuan, keterampilan, pengembangan Riset dan\r\nakhlakul karimah. (3) Isi kurikulum Pondok Pesantren UII dibagi dalam beberapa bidang kajian,\r\nyaitu; kebahasaan, kemampuan berijtihad, dasar-dasar intelektual, dakwah, dan akhlak, yang\r\nsemua itu berorientasi pada penguasaan ilmu-ilmu metodologis Akademik. (4) Pendekatan yang\r\ndigunakan dalam pembelajaran di Pondok Pesantren UII adalah berpusat pada Guru (Teacher\r\nOriented), sedangkan strategi yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan survei\r\nmasyarakat. (5) Media dan Sumber belajar, media yang digunakan dalam pembelajaran antara\r\nlain; White Board, LCD, dan Laptop, sedangkan sumber belajar yang digunakan adalah bukubuku\r\nyang sesuai dengan mata kuliah. (6) Evaluasi, evaluasi pembelajaran menggunakan model\r\nevaluasi sumatif. Sedangkan hasil penelitian di Lembaga Kajian Islam Mahasiswa adalah: (1)\r\nSistem pendidikan yang digunakan adalah sistem tradisional (Bandongan dan Sorogan). (2)\r\nTujuan kurikulum Lembaga Kajian Islam Mahasiswa adalah Membangun sistem pendidikan yang\r\nholistik dan berbasis pada nilai-nilai moral dengan tanpa mengenyampingkan Rasionalitas. (3) Isi\r\nkurikulum Lembaga Kajian Islam Mahasiswa adalah berorientasi pada ilmu-ilmu agama, yang\r\ndikelompokkan dalam bidang kajian (Bahasa, Tauhid, Fiqh, Ilmu Hadist, dan Ushul Fiqh). (4)\r\nMetode mengajar yang digunakan adalah Bandongan dan Sorogan. (5) Sumber belajar\r\nmenggunakan Kitab-Kitab Klasik (Kitab Kuning). (6) Evaluasi yang digunakan adalah model\r\nevaluasi Sumatif.\r\nSedangkan untuk karakteristik Kurikulum Pondok Pesantren UII dan Lembaga Kajian\r\nIslam Mahasiswa diperoleh hasil sebagai berikut; (1) Pondok Pesantren UII menerapakan sistem\r\npendidikan Satuan Kredit Semester (SKS). Sedangkan Lembaga Kajian Islam Mahasiswa\r\nmenggunakan Sistem Tradisional (Bandongan dan Sorogan). (2) Orientasi tujuan dari kurikulum\r\nPondok Pesantren UII adalah pengembangan keilmuan secara umum, sedangkan orientasi tujuan\r\nLembaga Kajian Islam Mahasiswa adalah keilmuan agama. (3) Isi kurikulum Pondok Pesantren\r\nUII adalah campuran antara umum dan agama, sedangkan isi kurikulum Lembaga Kajian Islam\r\nMahasiswa adalah keagamaan yang diambil dari kitab-kitab klasik (kitab kuning). (4) Metode\r\npembelajaran di Pondok Pesantren UII di antaranya; diskusi, tanya jawab, dan survei masyarakat,\r\nsedangkan metode pembelajaran di Lembaga Kajian Islam Mahasiswa lebih bersifat tradisional,\r\nyaitu dengan metode Bandongan dan Sorogan. (5) Sumber belajar yang digunakan dalam\r\npembelajaran di Pondok Pesantren UII mayoritas berasal dari buku-buku umum, sedangkan\r\nsumber belajar yang digunakan di Lembaga Kajian Islam Mahasiswa menggunakan Kitab-kitab\r\nKlasik (kitab kuning). (6) Model evaluasi Pondok Pesantren UII dan Lembaga Kajian Islam\r\nMahasiswa sama-sama menggunakan model evaluasi Sumatif"^^ . "2015-06-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320411203"^^ . "AGUS SULISTIYO HADI, SPDI"^^ . "NIM. 1320411203 AGUS SULISTIYO HADI, SPDI"^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . "1320411203_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.PDF"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN\r\nMAHASISWA\r\n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA\r\nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18849 \n\nKURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN \nMAHASISWA \n(STUDI DI PONDOK PESANTREN UII DAN LEMBAGA KAJIAN ISLAM MAHASISWA \nASRAMA MAHASISWA SUNAN PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .