<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN"^^ . "Konflik menjadi topik pada penelitian ini tidak lain karena manusia dan konflik\r\nadalah dua hal yang tak terpisahkan. Semenjak · permulaan konflik sudah ada,\r\nterjadi, dan akan terus mengakar dalam kehidupan manusia. Terkait dengan\r\nkonflik yang terjadi, manusia membutuhkan petunjuk yang benar dan lurus.\r\nSebagai hamba Allah yang beriman kepada-Nya; manusia seharusnya yakin\r\nbahwa al-Qur'an yang adalah petunjuk lurus bagi manusia (hudan li al-nas) yang\r\nakan memberikan bimbingan. Namun tulisan yang secara khusus membahas\r\ntentang konflik dalam perspektif al-Qur'an dengan pembahasan yang mendalam\r\nmasih belum banyak dilakukan. Di sinilah penelitian ini dianggap urgen.\r\nPenelitian ini di antaranya berusaha mengupas dan menjawab beberapa hal\r\npenting tentang: konflik apa saja yang terjadi pada masa Nabi Muhammad hidup\r\ndalam periode Makkah dan Madinah?: siapa saja aktor yang terlibat dalam\r\nkonflik?; faktor apa saja yang menimbulkan konflik?; dan, bagaimana resolusi\r\nkonflik yang diberikan al-Qur'an?\r\nDengan menggunakan metode tafsir maudhu 'f dapat ditelusuri termaterma\r\nyang digunakan al-Qur'an untuk kemudian terma-terma itu dianalisa\r\ndengan menggunakan tafsir-tafsir standar sehingga dapat digunakan untuk\r\nmenjawab permasalahan-permasalahan tersebut Dalam al-Qur'an, terma yang\r\nmenunjuk konflik diwakili dengan kata: ikhtilaf, niza ', qital, dan · ta 'arrudh. ·\r\nKeempat kata tersebut adalah kata yang langsung merujuk pada makna tersurat\r\nkonflik. Namun al-Qur'an juga menggunakan kata yang sepadan dengan term\r\nyang digunakan, yaitu: 'addwah, ikhtishdm, jidal, mira', mujahadah 'ala,\r\ntafarruq, dan taf1ajjun.\r\nBerdasarkan penelusuran terhadap ayat-ayat al-Qur'an mengenai konflik\r\ndengan menggunakan metode tajsfr maudhu 'f, diperoleh bebeni.pa temuan\r\npenting, sebagai berikut: Konflik-konflik yang terjadi pada masa Nabi\r\nMuhammad SAW, baik pada Periode Makkah dan Periode Madinah, ada beberapa\r\nkasus. Konflik-konflik yang terjadi pada Periode Makkah yaitu: 1) Konflik\r\nmengenai Resistensi terhadap dakwah Islamiyah; dan 2) Konnik pada saat hijrah.\r\nAdapun konflik-konflik pada Periode Madinah yaitu: 1) Perseteruan antara suku\r\nA us dan Khazraj; 2) Perseteruan orang Madinah dan kaum Y ahudi seputar\r\nperubahan arah kiblat; 3) Pencegatan Kafilah Dagang Makkah; 4) Perang Badar;\r\n5) Perang Uhud; 6) Perang Ahzab; 7) Pengkhianatan kaum Yahudi di Madinah; 8)\r\nPerdebatan tantang Ketuhanan Isa; 9) Hadits al-ifk (berita bohong); 1 0) Monopoli\r\nhaji; dan 11) Fathu Makkah. Konflik-konflik yang terjadi tersebut melibatkan\r\nbeberapa pihak, yaitu: 1) Kaum Muslimin/Mukminin; 2) Kaum Musyrikin\r\nMakkah; 3) Kaum Yahudi; 4) Suku-suku di Madinah (suku Aus dan Khazraj); 5)\r\nKaum Nasrani; 6) Kaum Munafiqin: dan 7) Kaum Baduwi. Konflik-konflik yang\r\nterjadi dipicu oleh tiga faktor, yaitu: 1) Keyakinan; 2) Kepentingan politik; dan 3)\r\nPsiko-sosial. Adapun faktor-faktor psiko-sosial mencakup: 'ashabiyah (fanatisme\r\nberlebihan terhadap kelompok), pengetahuan (berupa ketidaktahuan Uahdlah ]),\r\nketerbatasan diri, kedengkian (b.asad), keserakahan (thama '), dan kesombongan\r\n(kibr). Al-Qur'an memberikan anjuran, aturan, dan landasan nilai yang dapat\r\ndijadikan sebagai pedoman fundamental resolusi konflik. Al-Qur'an senantiasa\r\nviii\r\nmemberikan resolusi sesuai dengan kasus masing-masing. Namun secara garis\r\nbesar, ditemukan beberapa pedoman fundamental resolusi konflik dalam alQur'an,\r\nyaitu: 1) Membangun dan membuka ruang untuk komunikasi; 2)\r\nMenjalin persaudaraan; 3) Melakukan klarifikasi (tabyinltabayyun) dalam setiap\r\nmasalah; 4) Menahan diri dan menghargai pihak lain; 5) Tidak memaksakan\r\nkehendak; dan 6) Perang, jika tidak ada jalan lain dalam menyelesaikan masalah\r\ndan merupakan pilihan terakhir. Jika petang telah menjadi pilihan satu-satunya,\r\nmaka perang yang dilakukan harus berlandaskan.fi sabililldh, yakni dalam rangka\r\nmembela diri dan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan, dengan etika-etika\r\nperang yang wajib dipenuhi. Hal yang menarik dari dasar-dasar resolusi konflik\r\nyang ditawarkan al-Qur'an, bahwa Islam mengutamakan j~lap. damai melalui\r\ndialog dan diplomasi. Perang adalah pilihan terakhir jika memang sama sekali\r\ntidak ada cara lain dalam menyelesaikan masalah."^^ . "2015-06-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 043427"^^ . "SUPRIYANTO PASIR"^^ . "NIM. 043427 SUPRIYANTO PASIR"^^ . . . . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Text)"^^ . . . . . "BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "KONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18867 \n\nKONFLIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .