@phdthesis{digilib18873, month = {December}, title = {EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PROGRAM POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.01450663 AHMAD MUTAKIN}, year = {2006}, note = {Sudjoko, MS}, keywords = {Ejektivitas, Power Point, Hasil Be/ajar Kognitif, Motivasi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18873/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) membuktikan efektif tidaknya pemanfaatan program Power Point pada mata pelajaran biologi pokok bahasan virus dalam meningkatkan motivasi belajar , (2) membuktikan apakah pemanfaatan program Power Point pada mata pelajaran biologi pokok bahasan virus efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Y ogyakarta II terbagi dalam enam kelas. dan dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XF sebagai kelas kontrol dan kelas XE sebagai kelas eksperimen. . Pengambilan dua kelas tersebut dilakukan dengan teknik nonrandom sampling. Adapun pengambilan datanya dengan menggunakan metode test dan kuisioner. Butir soal dan angket yang merupakan instrumen penelitian diuji validitasnya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengambil data penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, kuantitatif, dan uji-t. Analisis uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan dari kedua sampel setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas yang diperoleh hasil bahwa data normal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, ( 1) pembelajaran dengan memanfaatkan program Power Point sebagai media pembelajaran lebih efektif dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas X MAN Y ogyakarta II tahun ajaran 2006/2007 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan motivasi belajar sekitar sekitar 15, 1\% antar kelas kontrol dengan kelas eksperimen., (2) pembelajaran dengan memanfaatkan program power point sebagai media pembelajaran lebih efektif dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas X MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2006/2007 dalam meningkatkan hasil belajar biologi, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t gain skor hasil belajar yang diperoleh t n;, sebesar 4,936{\ensuremath{>}}2,000 dan p = 0,000 (p{\ensuremath{<}}0.050)} }