%A NIM .02471046 MUHAMAD HAFIS %O Asnafiyah M.Pd, %T PERAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK PIRI SLEMAN YOGYAKARTA %X ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatit: tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam pembinaan perilaku keagamaan siswa di SMK PIRI Sleman, serta mengetahui pola pembinaan perilaku keagamaan di SMK PIRI Sleman yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling. Sampel penelitian ini adalah para guru bimbingan konselin& siswa kelas 3 SMK PIRI Sleman sebanyak 54 siswa serta pihak-pihak yang bersangkutan dengan penelitian ini untuk mendapatkan data. adapun teknik sampling ~ang digunakan adalah teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian• ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan diskriptif dengan metode berfikir induktif dan dedukti£ Untuk data yang bersifat angka menggunakan analisa statistik penyajian Tabel distribusi. Hasil penelitian menunjukan: a Terdapatnya perubahan pada diri siswa setelah mendapatkan bimbingan dan • konseling dari guru BK. b. Adanya kesadaran dan motivasi siswa untuk selalu berakhlakul karimah. c. Kesadaran siswa untuk menghindari hal-hal yang diharamkan oleh agama, misalnya minuman keras, berkelahi, narkoba. Dan siswa berperilaku, bertindak dan berbuat sesuai dengan tuntunan agama, misalnya sikap jujur dan amanat. Dengan demikian peran bimbingan konseling dalam pembinaan perilaku keagamaan siswa di SMK PIRI Sleman termasuk kategori baik %K Bimbingan Konseling, Perilaku keagamaan %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18879