<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS"^^ . "Relasi agama (Islam) dan negara adalah perbincangan yang sangat klasik dan\r\nsudah ada dalam sejarah Islam. Perdebatannya pun masih hangat dibicarakan hingga\r\nsekarang. Adalah Abu al-A'la al-Maududi pernikir asal Pakistan, pembicara yang\r\nulung dan penulis yang amat produktif, khususnya dalam bidang agama dan gagasangagasanya\r\ntentang Islam, termasuk teori kenegaraanya. Baginya Islam adalah agama\r\nyang paripurna lengkap dengan kehidupan politik dengan arti di dalam Islam terdapat\r\npula sistem politik. Oleh karenanya dalam bemegara umat Islam tidak perlu atau\r\nbahkan dilarang meniru sistem Barat. Bertolak belakang dengan pemikiran di atas,\r\nadalah Amien Rais intelektual muslim Indonesia muncul dengan sikap kritis terhadap\r\nkekuasaan, dengan sifat pemikiran idealistik, liberal. Amien Rais mengarnini\r\ndemokrasi sebagai sistem yang final dan dinamis dalam suatu negara. Karena Amien\r\nRais beranggapan bahwa negara hanya bisa berjalan dengan stabil apabila negara\r\ntersebut menggunakan sistem demokrasi. Menarik untuk membandingkan kedua\r\npernikir ini untuk menernukan persamaan dan perbedaannya karena kedua tokoh ini\r\nadalah orang yang tidak mengikuti cara pandang atau presepsi Barat yang baginya\r\ntidak pas tentang agarna, menurut kedua tokoh ini agama memberi paradigma moral\r\ndan etik untuk pengelolaan kehidupan konkret manusia di dunia dalam berbagai\r\nbidang.\r\nUntuk mengupas pemikiran kedua tokoh tersebut, dalam penelitian ini\r\nmenggunakan pendekatan normative-filosofis dengan pola berfikir deskriptif, analitik\r\ndan komperatif Pendekatan normatif di sini digunakan untuk rm:lil1at ajaran agamo.\r\nyang pokok asli dari Tuhan yang di dalamnya belum terdapat penalaran manusia.\r\nDalam hal ini juga mengkaji tentang teks-teks yang dikemukakan oleh kedua tokoh\r\nobjek kajian ini. pendekatan filosofis berarti cara pandang yang bertolak dari\r\npenyelidikan dengan akal budi mengenai sebab-sebab, asas-asas, hukum dan\r\nsebagainya terhadap segala yang ada di alam semesta ataupun mengenai kebenaran\r\ndan arti adanya sesuatu. Dalam hal inilah, pendekatan akan bertolak dari penyelidikan\r\n.s~rta pendalaman terhadap pemikiran kedua tokoh, sehingga didapatkan sebuah\r\npengetahnan yang utuh mengenai relasi Islam dan negara ini.\r\nDengau wonsacu pudu pt'ndP.katan duo 1 ,.,Ill pikir tcr3obut iliuapatkan\r\nbeberapa kesimpulan. Pertama, Persamaan keduanya dapat ditemukan ketika\r\nmelak.ukau !JcHd'-kntun antata. relalii i1gi1ullt iilln nc~a.rn. yaitu mengut<~mfllnm\r\nnormatifitas sekalipun hasil akhir dari pemahaman itu berbeda menjadi formalis dan\r\nsubstantif. Kedua, dalam level argumentasi tentang negara yang ideal keduanya\r\nmemiliki sisi persamaan dalam persoalan penegakan negara atas dasar musyawarah,\r\npenegakan ke~;~.dilan yang mcrupakan konsep bemegara dan aturan-aturan prinsip\r\nlainnya. Adapun perbedaan keduanya pertama, pada level pendekatan ditemukan\r\nadanya kecenderungan pengaruh politik praktis yang berbeda sehingga menghasilakan\r\ncara berfikil yaHg bcrbcda pula. Kedua, pada l~vd argumentasi nampaknya alMaududi\r\nlebih memberikan suatu rincian yang panjang. Hal-hal yang menjadi\r\nperbedaan terkait rlengan implikasi dari cara memaharni agama dan ncguru dapat\r\ndilihat dari pemknaan tentang persoalan pertanggungjawaban pemerintahan,\r\nkebebasan berkehendak umat manusia, persamaan manusia, landasan kesatuan negara\r\nyang menjurus pada ashabiyah ad-diniyah di satu pihak dan ashabiyah al-jinsiyyah di\r\npihak lain, hubungan negara dan agama anatara yang memiliki batasan jelas dan yang\r\ntidak jelas, wilayah pengaturan negara dalam aspek pengayoman bagi umat yang\r\nmana di satu sisi mencak:up pesoalan hubungan manusia dengan manusia maupun\r\nhubungan manusia dengan Tuhan, pilihan antara demokrasi, teokrasi atau teo\r\ndemokrasi, dan kerumitan aturan eksk:utif, legeslatif dan yudikatif Allahua'lam"^^ . "2007-05-03" . . . . "FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 02361552"^^ . "AGUS SALIM"^^ . "NIM. 02361552 AGUS SALIM"^^ . . . . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Text)"^^ . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Other)"^^ . . . . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Other)"^^ . . . . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Other)"^^ . . . . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Other)"^^ . . . . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN\r\nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI\r\nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18886 \n\nRELASI ISLAM DAN NEGARA: PERBANDINGAN \nPEMIKIRAN ANTARA ABU AL-A'LA AL-MAUDUDI \nDENGAN MOHAMMAD AMIEN RAIS\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .