@phdthesis{digilib18903, month = {May}, title = {NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RITUAL SEKATEN KERATON YOGYAKARTA}, school = {FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 01410935 SOLEMAN}, year = {2007}, keywords = {skaten, yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18903/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis nilai-nilai pendidikan dalam Ritual Sekaten dan dimana relevansinya dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai informasi bagi siapa saja yang berusaha menelaah dan menekuni lebih dalam mengenai kebudayaan J awa dan Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan antropologi. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi dan analisi datanya menggunakan metode deskriptif-kualitatif Hasil penelitian: 1) Nilai-nilai Pendidikan Dalam Ritual Sekaten Keraton Y ogyakarta diantara; tentang nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak, 2) Relevansinya dengan Pendidikan Islam terletak pada tujuan pendidikan Islam yakni pembentukan kepribadian insan kamil. Dan tujuan pendidikan dalam ritual Sekaten Keraton Yogyakarta secara operasional, telah memiliki substansi yang sama dengan berbagai de:finisi yang telah dikemukakan oleh para ahli pendidikan Islam. Dimana dalam ritual Sekaten menghendaki; pertama, menginginkan manusia yang beriman dan bertaqwa, manusia yang memiliki budi pekerti luhur, manusia yang bekerja seimbang antara kehidupan di dunia dan untuk akhirat kelak. Kedua, Pendidikan Islam menghendaki terbentuknya kepribadian muslim, yakni muslim yang beriman, berilmu, bertaqwa, berakhlak, beramal shaleh, berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran Islam.} }