@phdthesis{digilib18909, month = {March}, title = {EFEKTIVITAS PROGRAM AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007}, school = {FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 02441008 RAHMAWATI ALIM}, year = {2007}, keywords = {Efektivitas, Akselerasi, Anak Berbakat, Prestasi Belajar Kimia.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18909/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia yang signifikan pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia, Perhitungan Kimia, dan Reaksi Redoks antara siswa program akselerasi dengan siswa program reguler bagi siswa kelas X semester II di SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2006/2007, baik yang mengikuti program akselerasi sebanyak 2 kelas (kelas X.A1 dan X.A2), maupun yang mengikuti program reguler sebanyak 10 kelas (kelas X1 sampai X10) dengan jumlah seluruh siswa 443 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.A1 dari program akselerasi dan siswa kelas X2 dari program reguler dengan jumlah seluruh siswa 63 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui tes prestasi belajar kimia Materi Pokok Hukum Dasar Kimia (X1), Perhitungan Kimia (X2), dan Reaksl Redoks (X3), serta gabungan darl :Mated Pokok Hukum Dasar Kimia, Perhitungan Kimia, dan Reaksi Redoks ()4). Instrumen X1, X2, X3, dan )4 masing-masing terdiri dari 18, 17, 18, dan 27 butir pertanyaan yang valid dengan koefisien reliabilitas masing-masing 0.873, 0.794, 0.797, dan 0.892. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan ANA VA A, sehingga diperoleh F hitung yang selanjutnya diperbandingkan dengan F tabel pada taraf signifikasi 5\%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh harga F hitung untuk tes pretasi belajar kimia dengan instrumen X{\texttt{\char126}}, X2, X3, dan )4 berturut-turut 7.153, 4.528, 15.851, 14.634. Sedangkan F tabel pada taraf signifikasi 5\% adalah 4.00. Dengan demikian F hitung untuk masing-masing tes prestasi belajar kimia Jebih besar dari F tabel, sehingga dapat ditarik kesimpulan hahwa ada perhedaan prestasi helajar kimla yang signlflkan pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia, Perhitungan Kimia, dan Reaksi Redoks antara siswa program akselerasi dengan siswa program reguler bagi siswa kelas X semester II di SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Hal ini mcnunjukkan bahwa program akselerasi efek1:if dalam meningkatkan prestasi belajar kimia siswa, khususnya kelas X semester II di SMA Negeri J Surakatta tahun ajaran 200G/2007.} }