%0 Thesis %9 Skripsi %A Sandi Dwi Cahyono, NIM. 02421026 %B UIN Sunan Kalijaga %D 2007 %F digilib:18913 %I Fakultas Tarbiyah %T KURIKULUM BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM PERSPEKTIF QUANTUM LEARNING %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18913/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan tentang apakah kurikulum bahasa Arab yang ada dalam lembaga pendidikan di Indonesia khususnya Madrasah Ibtidaiyah sudah mengandung teori-teori pendidikan humanistik yang sesuai dengan kondisi kejiwaan seorang anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah dan sejauh mana kandungan Quantum Learning sebagai salah satu teori belajar yang beraliran humanistik, ada dalam kurikulum tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan analisa data berupa analisis isi (content analysis). Dari penelitian ini ditemukan bahwa ada beberapa aspek dalam Kurikulum Bahasa Arab Ml yang mengandung prinsip Quantum Learning, diantaranya; aspek tujuan dan evaluasi. Namun demikian masih banyak aspek dalam prinsip Quantum Learning yang tidak terkandung di dalam Kurikulum Bahasa Arab MI yaitu prinsip penataan lingkungan belajar, menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan serta mengoptimalakan potensi otak dalam belajar. Hasil penelitian tersebut akan sangat berguna bagi penyusunan kurikulum bahasa Arab MI ke depan. Agar kurikulum yang disusun dapat lebih sesuai dan memperhatikan kondisi kejiwaan psikologi anak dalam belajar. %Z Drs. H. Zainal A. M. Ag. .