%0 Thesis %9 Skripsi %A TRISNAWAN, NIM. 02441271 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2007 %F digilib:18918 %I FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA %K vcd animasi, pembelajaran kimia, kekhasan atom karbon, senyawa hidrokarbon. %T PENYUSUNAN VCD ANIMASI PEMBELAJARAN KIMIA TENTANG KEKHASAN ATOM KARBON DAN SENYAWA HIDROKARBON %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18918/ %X Penelitian ini bertujuan menyusun VCD Animasi Pembelajaran Kimia Materi Pokok Kekhasan Atom Karbon Dan Senyawa Hidrokarbon berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Setelah penyusunan berhasil, dilanjutkan dengan menganalisis kualitas media pembelajaran oleh 5 orang rekan sejawat, serta uji coba VCD Animasi Pembelajaran Kimia di MAN Purworejo tahun pelajaran 2006/2007. Penelitian ini diharapkan mampu menghasilkan media pembelajaran kimia yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan. Penyusunan VCD Animasi Pembelajaran Kimia ini menggunakan program Macromedia Flash MX 2004. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model yang bertujuan mengembangan model media pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pemberian angketlkuosioner serta dokumentas1.l>enelitian terhadap kualitas media pembelajaran kimia menggunakan instrumen penilaian kualitas media pembelajaran yang telah disusun berdasarkan kriteria kebenaran konsep, keluasan dan kedalaman konsep, kebahasaan, keterlaksanaan, dan tampilan. Analisis dilakukan terhadap masing-masing komponen media pembelajaran kimia. Sedangkan uji coba VCD Animasi Pembelajaran Kimia dilaksanakan pada siswa kelas X semester 2 MAN Purworejo tahun pelajaran 2006/2007. Darl penelltlan lnl dlperoleh data dokumentasl berupa data pcngctahuan awal kimia siswa dan prestasi belajar kimia siswa, yang kemudian diana! isis menggunakan teknik analisis data Uji t. Hasil analisis data dari 5 orang rekan sejawat menyimpulkan bahwa VCD Animasi Pembel(\jaran Kimia yang telah disusun dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran yang sangat baik. Sedang hasil uji coba VCD Animasi Pembelajaran kimia menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa yang menggunakan VCD Animasi Pembeljijaran Kimia d~