@phdthesis{digilib18920, month = {March}, title = {UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUPPADA MATERI POKOK SISTEM PERNAFASAN SJSWA KELAS XI MAN WONOKROMO TA 2006/2007}, school = {FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 04451081- 03 HEIRUL ANAM}, year = {2007}, keywords = {Prestasi, Keaktifan, dan Buzz Group}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18920/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui apakah metode diskusi tipe Buzz Group dapat terlaksana di kelas XI IPA-1 MAN Wonokromo, rnengetahui berapa siklus pernbelajaran yang dibutuhkan untuk rnencapai peningkatan prestasi belajar biologi dan keaktifan siswa serta mengetahui peningkatan apa saja yang rnuncul dalam setiap siklus. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 MAN Wonokrorno tahun ajaran 2006/2007. Data yang dikurnpulkan berupa data keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan rnetode diskusi tipc Buzz Group dan data prestasi belajar biologi siswa dengan menggunakan Pre Test dan Post Test. Data keaktifan siswa dan prestasi tersebut kernudian dianalisis secara deskriptif dengan menyajikan tabel distribusi frekuensi data tunggal dan tabel distibusi relatifyang telah melalui proses kuanlijikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi tipe Buzz Group dapat terlak{\texttt{\char126}}na di kelas XI lPA-1 MAN Wonokromo. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk meneapai peningkatan prestasi belajar biologi dan keaktifan siswa sebanyak tiga siklus. Peningkatan aktivitas siswa yang muncul pada siklus I adalar: membawa buku referensi, menjawab pertanyaan, bertanya, membaca, menerima pendapat. menanggapi pendapat, menyampaikan pendapat, mendengar, presentasi, kontribusi siswa dalam menyelesaikan pertanyaan, dan menyimpulkan materi. Pada siklus li terdapat peningkatan aktivitas sis'.va seperti siklus I, ditarnbah dengaa melakukan percobaan, mengamati obyek, dan menggunakan alat percobaan. Aktivttas yang rnengalami penurunan pada siklus Jl yaitu: menjawab pertanyaan, menerima pendapat, menanggapi pendapat, mendcngar, dan kontribusi siswa dalarn rnenyelesaikan pertanyaan. Pada siklus 1II aktivitas siswa yang meningkat seperti siklus II ditambah dengan menanggapi pendapat, kontribusi siswa dalam menyelesaikan pcrtanyaan, dan menjelaskan hasil percobaan. Sedangkan aktivitas siswa yang mengalami penurunan pada siklus III yaitu: membawa buku referensi, bertanya, membaca, dan membawa alat percobaan.} }