TY  - THES
ID  - digilib18920
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18920/
A1  - HEIRUL ANAM, NIM. 04451081- 03
Y1  - 2007/03/01/
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui apakah metode diskusi tipe Buzz
Group dapat terlaksana di kelas XI IPA-1 MAN Wonokromo, rnengetahui berapa
siklus pernbelajaran yang dibutuhkan untuk rnencapai peningkatan prestasi belajar
biologi dan keaktifan siswa serta mengetahui peningkatan apa saja yang rnuncul
dalam setiap siklus.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1
MAN Wonokrorno tahun ajaran 2006/2007. Data yang dikurnpulkan berupa data
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan rnetode diskusi tipc
Buzz Group dan data prestasi belajar biologi siswa dengan menggunakan Pre Test
dan Post Test. Data keaktifan siswa dan prestasi tersebut kernudian dianalisis secara
deskriptif dengan menyajikan tabel distribusi frekuensi data tunggal dan tabel
distibusi relatifyang telah melalui proses kuanlijikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi tipe Buzz Group dapat
terlak~na di kelas XI lPA-1 MAN Wonokromo. Banyaknya siklus pembelajaran
yang dibutuhkan untuk meneapai peningkatan prestasi belajar biologi dan keaktifan
siswa sebanyak tiga siklus. Peningkatan aktivitas siswa yang muncul pada siklus I
adalar: membawa buku referensi, menjawab pertanyaan, bertanya, membaca,
menerima pendapat. menanggapi pendapat, menyampaikan pendapat, mendengar,
presentasi, kontribusi siswa dalam menyelesaikan pertanyaan, dan menyimpulkan
materi. Pada siklus li terdapat peningkatan aktivitas sis'.va seperti siklus I, ditarnbah
dengaa melakukan percobaan, mengamati obyek, dan menggunakan alat percobaan.
Aktivttas yang rnengalami penurunan pada siklus Jl yaitu: menjawab pertanyaan,
menerima pendapat, menanggapi pendapat, mendcngar, dan kontribusi siswa dalarn
rnenyelesaikan pertanyaan. Pada siklus 1II aktivitas siswa yang meningkat seperti
siklus II ditambah dengan menanggapi pendapat, kontribusi siswa dalam
menyelesaikan pcrtanyaan, dan menjelaskan hasil percobaan. Sedangkan aktivitas
siswa yang mengalami penurunan pada siklus III yaitu: membawa buku referensi,
bertanya, membaca, dan membawa alat percobaan.
PB  - FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA
KW  - Prestasi
KW  -  Keaktifan
KW  -  dan Buzz Group
M1  - skripsi
TI  - UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI
DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI
TIPE BUZZ GROUPPADA MATERI POKOK SISTEM PERNAFASAN
SJSWA KELAS XI MAN WONOKROMO TA 2006/2007
AV  - restricted
ER  -