%A NIM. 02451138 NINIK SUPRIYATI %T EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PICTORIAL RIDDLES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM SISWA KELAS VII SMP N 13 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan media Pictorial Riddles dapat meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar IP A Biologi siswa kelas VII SMP N 13 Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan Ekosistem. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reaserch (CAR). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 13 Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007. Data yang dikumpulkan berupa data observasi kelas selama proses pembelajaran, data ranah kognitif siswa Lerupa hasil tes pe11guasaan konsep, data pemyataan minat belajar biologi siswa, dan data pemyataan tanggapan siswa terhadap kualitas media serta tanggapan dari guru kelas terhadap media pembelajaran yang digunakan. Data-data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan frekuensi dan persentase data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan dengan mengunakan media Pictorial Riddles dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar IP A Biologi siswa kelas VII C SMP N 13 Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007dalam mempelajari pokok bahasan Ekosistem. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari aspek kognitif, dari mcningkatny" rata .. rata nil"i lu~il tc.s pcnguasaan konsep siswa sdiap akhir siklus serta meningkatnya jumlah siswa yang dapat memperoleh nilai sesuai standar ketuntasan yang telah ditetapkan SMP N 13 Y ogyakarta. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya persentase rekaman vewyalaau wluallJdajat U' A Hlulugl!Jalla seLlalJ slk.lus. %D 2007 %K Pictorial Riddles, Prestasi llela_jar, Minat llela.iar %I FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib18921