%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI AMIROH, NIM. 014550814 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2007 %F digilib:18922 %I FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA %K pendidikan, belajar, mahluk hidup %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOJK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SEMETER 1 SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18922/ %X Tujuan Penelitian ini adalah untuk (l)mengetahui efektivitas penggunaari model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap peningkatan basil bela jar biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hi.dup, (2)mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran biologi matcri pokok ciri-ciri makhluk hidup terhadap tingkat keterampilan sosial siswa, (3)mengetahut tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi experimental), dengan desain pre-tesl post-lest con/rol group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester l SMP PIRI Ngaglik Sleman Yogyakarta. Sampel penelitian adalah siswa-siswa pada 2 kelas, yaitu kelas VIlA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sebelum digunakan untuk mengambil data, dilakukan uj i validitas dan reliabilitas terhadap instrumen. Analisis data meliputi penguj ian hipotesis dan analisis deskriptif. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji pendahuluan, yaitu uji norm:alitas dan uji homogenitas varians. Pengujjan hipotesis dan uji pendahuluan dilakukan dengan menggunakan program paket SPS 2000 edisi Sutrisno Hadi d:an Yuni Parmadiningsih. ยท Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1 )penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw efektif dalam meningkatkan basil belajar biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup, (2)penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup berpengaruh positif terhadap tingkat keterampilan sosial dalam diri siswa, (3)siswa memberi tanggapan yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup .