@phdthesis{digilib18931, month = {March}, title = {IMPLEMENTASI MANAJEMEN MASJID (STUDI KASUS DI MASJID KAMPUS UGM KABUPATEN SLEMAN PROPINSI DIY)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 02241142 IDA SUSILANINGSIH}, year = {2007}, note = {Dra. Hj. Mikhriani, MM}, keywords = {manajemen masjid}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18931/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang Penerapan Manajemen Masjid di Masjid Kampus UGM kabupaten Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan dan referensi untuk kalangan yang membutuhkan, khususnya pihak Masjid Kampus UGM yang bersangkutan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang disajikan dengan metode deskriptif kualitatif dengan mengamhil latar Masjid Kampu3 UGM. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi serta mengikuti beberapa kegiatan yang menjadi bahan acuan penelitian. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data yang didapatkan baik dengan wawancara, observasi, dokumentasi maupun keikutsertaan kegiatan yang berhasil di kumpulkan kemudian dianalisa dan ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan : (1). Penerapan manajemen Masjid Kampus UGM secara pelaksanaan yang ada tidak semua mengacu penuh pada pedoman buku, tapi lebih pada mengedepankan tanggung jawab setiap pekerjaan yang diimbangi pengamalan secara riil sebagai bukti pengabdian pada Agama yang di dasarkan Al-Qur'an dan Hadits dengan pelaksanaan rasa kerja sama yang baik untuk mencapai ketakwaan keimanan dan intelektualitas yang tinggi. Hal tersebut berjalan dengan pengarahan dan pemantauan secara bertahap oleh pengawas atau penanggungjawab masjid. Karena dengan mengoptimalkan hal itu akan menunjukkan kredibilitas yang sesuai dan terkoordinirnya kegiatan maupun hal yang bersangkutan secara seksama. (2). Persaingan dengan kemampuan masing-masing masjid yang ada dijadikan motivasi dalam mengedepankan eksistensi masjid kampus, selain dari hal itu pihak masjid kampus menjadikan jamanh ntau penguujung sebagai konsumen, yang harus dan wajib di hormati dan dilayani. Sehingga yang di kedepankan pihak pengurus tau pelaksana kegiatan adalah kecerdasan, ketenangan beribadah serta kepuasan setiap jama?ah dan pengunjung di Masjid Kampus UGM.} }