%0 Thesis %9 Skripsi %A ITRA EMILIA FEBRIYANTI, NIM. 02221037 %B Fakultas Dakwah %D 2007 %F digilib:18933 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K guru, bimbingan dan konseling, kenakalan siswa %P 99 %T PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18933/ %X Guru bimbingan dan konseling sebagai orang dewasa di sekolah berperan dalam mengatasi kenakalan siswa. SMA PIRI I sebagai sebuah lembaga pendidikan, memiliki system pendidikan yang menekankan pada kedisiplinan dan memiliki aturan atau tata tertib yang bertujuan untuk mendisiplinkan siswa sehingga menjadi generasi yang mandiri dan berpotensi. Dalam upaya mengatasi kenakalan siswa, peran guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan untuk membantu para siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi dengan mengarahkan siswa pada perilaku yang lebih konstruktif, positif, dan harmonis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan penentuan informan menggunakan teknik sampling purvosive. Metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedang analisa datanya menggunakan analisa data diskriptif-kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah siswa dengan mengadakan identifikasi, diagnosa, prognosa, bantuan, dan evaluasi. Hasil yang dicapai dari program tersebut yaitu berkurangnya kenakalan siswa karena adanya komunikasi yang aktif antara siswa dengan guru bimbingan dan konseling. Selain itu juga adanya kerjasama dengan pihak dalam maupun luar sekolah sehingga siswa takut untuk melakukan kenakalan karena merasa diawasi. Kata kunci: guru, bimbingan dan konseling, kenakalan siswa %Z Drs. Abror Sodik, M.Si.