<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENARIKAN INFAQ SUMBANGAN SEKOLAH)\r\nDALAM PERSPEKTIF HUK.UM ISLAM\r\n(STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH"^^ . "Allah Swt telah menciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang akan\r\nselalu bergantung kepada orang lain, berinteraksi, dan tukar menukar keperluan\r\ndalam segala kepentingan hidup. Hubungan semacam ini disebut dengan\r\nhubungan muamalah. Dalam fiqih Islam yang dimaksud muamalah ialah tukar\r\nmenukar barang atau sesuatu yang memberi manfaat dengan cara yang\r\nditentukan, seperti jual beli, sewa menyewa, upah-mengupah, pinjam-meminjam,\r\ntermasuk juga infaq dan shadaqah. Dalam pelaksanaan sebagian ajaran Ishun dibutuhkan biaya, seperti ibadahhaji, zakat dan sebagainya. Begitu juga pendidikan (baca: menuntut ilmu)membutuhkan materi (dana) untuk keberlangsungannya. Biaya tersebut\r\ndigunakan untuk biaya operasional sekolah dan mengembangkan segi-segi\r\npendidikan yang lain.Pdaksanaan pembiayaan sekolah ditempuh dengan beragam cara. Ada yang dengan menggunakan pembayaran wajib (SPP) maupun dana sukarela. Pada\r\nrealitasnya kedua istilah terscbut ambigu dengan munculnya istilah penarikan\r\ndana infaq oleh pihak sekolah. Ambiguitas tcrsebut terletak pada konsep dasar\r\ninfaq dalam doktrin hukum Islam yang sifatnya \"sunah\" dengan pelaksanaannya\r\n(tatbiq) dcngan mcmbcrikan batasan yang bcrarti tcrdapat unsur \"wajib\". Di\r\nsinilah kajian at au studi penelitian ini difokuskan. I Penelitian ini mengambil fukus pembahasan pada konsep infaq dalam hukum Islam dikomparasikan dengan pelaksaanaan- at au lebih tepat-• penggunaan istilah Infaq di sekolah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) di Sekolah Menengab Atas (SMA) Muhammadiyah 2\r\nYogyakarta. Di sekolah tersebut terdapat penarikan dana bagi siswa (wali)\r\ndengan menggunakan terma \"infaq\". Sifat penclitian ini adalah deslc:iptif-analitik\r\nyakni menggambarkan konsep infaq dalam hukum Islam dan pelahanaannya di\r\nSMA 2 Muhammadiyah Yogyakarta kemudian mcnganalisanya dengan metode\r\nkualitatif. Adapun peudekatan yang digunakan adaiah pendekatan normatif.\r\nPenelitian ini menggunakan tiga teori. Pertama, teori muamalat yakni\r\nsegala sesuatu yang tidak ada dalil pengharaman berarti diperbolehkan atau\r\nsegala sesuatu pada dasamya diperbolehkan (al-a,slu fl a/ asyyi' a/ ibii/lah). Di\r\nsamping itu, dalam muamalat berlaku hukum saling rela ('an tari(lin). Kedua\r\nadalah teori keadilan, yakni keseimbangan antara hak dan kewajiban. Teoxi ini\r\ndigunakan untuk menganalisis kesesuaian antara dana yang dikeluarkan oleh\r\nsiswa (wali) dengan fasilitas yang diperolehnya. Sementara teori keHga adalah\r\ntcori maslahah. Tcori ini digunakan untuk melihat efektivitas dan kebaikan yang\r\ndiperoleh dalam penarikan infaq sekaligus menimbang nilai mafsadahnya.\r\nPada akhimya, penelitian ini berkesimpulan bahwa torma \"infaq\" dalam\r\nhukum Islam berbeda dengan penggunaan istilah infaq yang dipakai oleh pihak\r\nSMA 2 Muhammadiyah karena ada unsur pembatasan dana minimal. Padahal,\r\ndalam hukum Islam, prinsip dasar infaq adalah kerelaan seseorang tanpa ada\r\nbatas minimal. Konsep infaq tersebut hanya sesuai digunakan dalam hal\r\nkeleluasaan bagi siswa atau wali yang tidak mampu. Hal ini, pihak sekolah tidak\r\nmemberikan batasan minimal.\r\nKata kunci : Infaq sekolah, hukum islam\r\nPembiming : Drs. H. Dahwan, M.Si"^^ . "2007" . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 0038010"^^ . "AHMAD MUZAIYIN NIM. 00380106"^^ . "NIM. 0038010 AHMAD MUZAIYIN NIM. 00380106"^^ . . . . . . "PENARIKAN INFAQ SUMBANGAN SEKOLAH)\r\nDALAM PERSPEKTIF HUK.UM ISLAM\r\n(STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH (Text)"^^ . . . . . "PENARIKAN INFAQ SUMBANGAN SEKOLAH)\r\nDALAM PERSPEKTIF HUK.UM ISLAM\r\n(STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH (Other)"^^ . . . . . . "PENARIKAN INFAQ SUMBANGAN SEKOLAH)\r\nDALAM PERSPEKTIF HUK.UM ISLAM\r\n(STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH (Other)"^^ . . . . . . "PENARIKAN INFAQ SUMBANGAN SEKOLAH)\r\nDALAM PERSPEKTIF HUK.UM ISLAM\r\n(STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH (Other)"^^ . . . . . . "PENARIKAN INFAQ SUMBANGAN SEKOLAH)\r\nDALAM PERSPEKTIF HUK.UM ISLAM\r\n(STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18982 \n\nPENARIKAN INFAQ SUMBANGAN SEKOLAH) \nDALAM PERSPEKTIF HUK.UM ISLAM \n(STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . .