%0 Thesis %9 Skripsi %A SAMANHUDI, NIM.05410232-E %B UIN Sunan Kalijaga %D 2007 %F digilib:19006 %I Fakultas Tarbiyah %T METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI II YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19006/ %X Kehidupan dan peradaban manusia senantiasa mengalami perubahan Dalam merespon fenomena itu, manusia berpacu mengembangkan kualitas pendid1kan. Kualitas pendidikan yang tinggi diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang indah, damai, terbuka, dcmokratis dan mampu bersaing. Dalam konteks madrasah, agar lulusannya memiliki keungggulan komperatif dan kompetitif maka perlu dikembangkan pendekatan berbasis kompetensi. Diharapkan kompetensi bisa menJamm pertumbuhan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, penguasaan ketrampilan hidup, penguasaan kemampuan akademik, seni, dan pengembangan kepribadian yang paripurna. Oleh karena itu, peranan dan efektifitas pendidikan agama di MIN Yogyakarta H sebagai landasan bagi pengembangan spiritual terhadap kesejahteraan masyarakat mutlak harus ditingkatkan karena asumsinya adalah jika pendidikan agama yang meliputi aqidah akhlak, Qur'an Hadist, fiqih., bahasa Arab yang dijadikan landasan pengembangan nilai spiritual dilakukan dengan baik, maka kehidupan masyarakat akan lebih baik %Z Drs. H. Suismanto, M.Ag