eprintid: 19022 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/90/22 datestamp: 2016-01-21 01:38:58 lastmod: 2016-01-21 01:38:58 status_changed: 2016-01-21 01:38:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD SYARIFUDIN, NIM. 08410068 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI ( STUDI DESKRIPTIF PADA PROGRAM PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI [PPIT IF] YAYASAN TARBIYATUL MUKMIN PABELAN) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, Ihsanul Fikri, Studi Deskriptif pada Program Pondok Pesantren. note: Dr. Sabarudin, M.Si. abstract: AHMAD SYARIFUDIN, Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri (Studi Deskriptif pada program Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri [PPIT IF] Yayasan Tarbiyatul Mukmin Pabelan). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik.. Sedangkan Jika diteliti lebih lanjut, pendidikan karakter di Indonesia merupakan lagu lama yang diputar kembali. Dulu, pendidikan karakter pernah diterapkan dengan nama pendidikan budi pekerti di sekolah-sekolah. Salah satu lembaga pendidikan yang sejak dulu dan hingga saat ini masih dianggap menanamkan pendidikan karakter adalah pondok pesantren. Seiring dengan itu, banyak lembaga pendidikan yang mengadopsi pola pendidikan Pondok Pesantren. Bahkan pola pendidikan di Pondok Pesantren telah menjadi inspirasi di Luar Negeri (Jepang) dengan model Boarding School maupun Lesson Study. Berangkat dari fenomena itu peneliti tertarik untuk mempelajari lebih dalam bagaimana implementasi pendidikan karakter di Pondok pesantren . Khususnya Pondok Pesantren Islam Terpadu dalam membentuk karakter anak bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif, dengan pola berfikir dedukatif dan indukatif untuk data yang bersifat kualitatif dan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1)Wujud pendidikan karakter di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri diimplementasikan dalam enam model/metode pembelajaran yaitu pengajaran, keteladanan, pembiasaan, pemotivasian, penegakan aturan dan pengawasan.. 2)Nilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri yakni Keimana, Kejujuran, Bertanggungjawab, Keberanian dan Percaya diri, Cinta Ilmu, Peduli, Kedisiplinan, Mandiri, Bergaya hidup sehat, Patuh pada aturan sosial Hormat dan santun. Nilai-nilai karakter tersebut diintegrasikan terhadap aturan dan programprogram kegiatan pondok secara eksplisit dan implisit. 3)Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul FikridiantaranyaLokasi Pondok Pesantren yang strategis, sistem boarding atau asrama, kualitas para pendidik, keamanan lingkungan dan fasilitas gedung yang presentatif. Walaupun demikian, terdapat kendala yang harus dipecahkan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter ini yaitu kurangnya jumlah pengasuh terhadap santri menimbulkan tugas dan beban pengasuh terlalu banyak, sehingga implementasi keteladanan dan penegakkan aturan masih belum bisa dilakukan secara holistis dan konsisten. date: 2015-06-12 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AHMAD SYARIFUDIN, NIM. 08410068 (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI ( STUDI DESKRIPTIF PADA PROGRAM PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI [PPIT IF] YAYASAN TARBIYATUL MUKMIN PABELAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19022/2/08410068_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19022/1/08410068_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf