%A NIM. 10420069 MASYKUR HAMBA ROOHIMI %O Dr. H. Maksuddin, M.A %T PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB AL-AJURUMIYYAH JAWAN KELAS I’DADY DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran nahwu menggunakan kitab al-Ajurumiyyah Jawan di kelas i’dady, sistematika dan isi kitab al-Ajurumiyyah Jawan, dan problematika dalam proses pembelajaran nahwu beserta solusinya di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian lapangan (field research) ini merupakan penelitian dengan metode analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi dengan sumber data Dewan Pendidikan, pengurus, ustadz dan santri kelas i’dady Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran nahwu di kelas I’dady cukup berjalan lancar dengan metode Grammar Method. (2) sistematika dan isi kitab al-Ajurūmiyyah Jawan diklasifaksi perbab, mulai Muqodimah hingga Bab al-Af’al sebanyak 23 halaman. Kitab pendukungnya yaitu Nazam Tarjamah Al-Ajurumiyyah Jawann yang disusun oleh Mahmud Bin Muhtar dengan menggunakan bahasa Jawa. Kitab al-Ajurumiyyah Jawan kurang relevan sebagai buku teks acuan pelajaran nahwu di kelas I’dady sesuai standar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (3) Adapun problematika dalam Proses Pembelajaran Nahwu penulis klasifikasikan menjadi dua yaitu: problematika Linguistik yang mencangkup tata bunyi, kosa kata, tata bahasa dan tulisan; dan problematika non linguistik yang mencangkup problem metodologis (tenaga pengajar, siswa, kurikulum, materi, alokasi waktu dan media pembelajaran) dan problem sosiologis (kebijakan Dewan Pendidikan, sikap wali santri dan lingkungan). %K Pembelajaran, problematika, nahwu al-Ajurumiyyah Jawan. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib19040