%0 Thesis %9 Skripsi %A EKA TRESNASIH, NIM. 11420005 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:19043 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K metode amtsilatī, mahārah qirāah, efektif. %P 142 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AMTSILATĪ DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀAH SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI CIJANTUNG CIAMIS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19043/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran amtsilatī (2) mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab (3) mengetahui proses penerapan materi amtsilatī dalam pembelajaran bahasa Arab (4) mengetahui efektivitas pembelajaran amtsilatī dalam meningkatkan mahārah qirāah bahasa Arab siswa kelas XI di MAN Cijantung Ciamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun proses analisa data dengan menggunakan analisa kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) proses pembelajaran amtsilatī cukup efektif dan efisien. Dapat dilihat pada proses pembelajaran amtsilatī siswa aktif mengikuti pelajaran dan dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan baik. (2) proses pembelajaran bahasa Arab khusunya mahārah qirāah di kelas XI MAN Cijantung berjalan dengan kondusif dan efektif. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran siswa antusias dan aktif mengikuti pelajaran. (3) penerapan metode amtsilatī dalam pembelajaran bahasa Arab melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. (4) keefektifan pembelajaran amtsilatī dalam meningkatkan mahārah qirāah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Cijantung Ciamis adalah sangat efektif. Ini dibuktikan dengan hasil tes evaluasi yang menunjukan bahwa nilai rata-rata mereka saat pos-test (sesudah pembelajaran amtsilatī dan sesudah menggunakan metode amtsilatī dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirāah) adalah 82.67. Merujuk pengukuran efektivitas menurut Suharsimi Arikunto, bahwa nilai 80-100 adalah sangat efektif. %Z Drs. Dudung Hamdun, M. Si.,