<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA"^^ . "SANDRA HERYAWAN,08410172 . Pola kreativitas guru PAI dan Budi\r\nPekerti dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan\r\nAgama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Manonjaya Tasikmalaya. Skripsi.\r\nYogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah bahwa daya kreasi seorang guru\r\ndalam mengajar akan menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didik. Dengan\r\nkreativitas seorang guru, bukan tidak mungkin peserta didik yang mengalami\r\nkesulitan belajar akan terbantu dan termotivasi serta dapat mengantarkan anak\r\ndidik kearah pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal. Oleh karena itu,\r\npada kurikulum 2013 ini tidak hanya murid yang dituntut untuk kreatif tetapi guru\r\npun harus lebih kreatif.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola kreativitas guru PAI\r\ndan Budi Pekerti dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran\r\nPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Manonjaya Tasikmalaya.\r\nDiharapkan tulisan ini dapat menambah khazanah keilmuan dalam dunia\r\npendidikan, terutama tentang wacana pengembangan kreativitas guru di sekolah.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat\r\nkualitatif yaitu penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik dan\r\nmemaparkan tentang obyek yang sebenarnya di lapangan. Pengumpulan data\r\ndilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis\r\ndata yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dilakukan dengan jalan\r\nbekerja dengan data, mengorganisasi data, memilah data menjadi satuan yang\r\ndapat dikelola, mensitesiskan, mencari dan menemukan pola, menemukan sesuatu\r\nyang penting dan apa yang dipelajari, serta memutuskan apa yang dapat\r\ndiceritakan kepada orang lain.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kreativitas guru PAI dan Budi\r\nPekerti di SMA N 1 Manonjaya Tasikmalaya mempunyai tiga pola yaitu: pertama,\r\nmendesain materi semenarik mungkin, dan tidak terpaku pada satu buku pedoman\r\nsaja. Kedua, guru menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang beragam.\r\nKetiga, menggunakan metode penilaian yang komprehensif yang mencakup pada\r\ntiga ranah. Ranah kognitif, afektif dan psikomotor. (2) faktor pendukung\r\nkreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran\r\nPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu respon positif dari guru dan\r\npeserta didik serta semangat guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti\r\ndalam melaksanakan kurikulum 2013 sebagai sesuatu yang baru dan penuh\r\ntantangan, ditambah lagi dengan tersedianya sarana dan prasarana yang dirasa\r\ncukup lengkap. Adapun yang menjadi faktor penghambat kreativitas guru dalam\r\nmenerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan\r\nBudi Pekerti adalah banyaknya jumlah rombongan belajar sehingga menyulitkan\r\nguru untuk menerapkan pendekatan saintifik secara optimal."^^ . "2015-06-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08410172"^^ . "SANDRA HERYAWAN"^^ . "NIM. 08410172 SANDRA HERYAWAN"^^ . . . . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Text)"^^ . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Text)"^^ . . . "08410172_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM\r\nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1\r\nMANONJAYA TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19046 \n\nPOLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM \nMENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN \nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1 \nMANONJAYA TASIKMALAYA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .