eprintid: 19048 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/90/48 datestamp: 2016-01-25 06:53:06 lastmod: 2016-01-25 06:53:06 status_changed: 2016-01-25 06:53:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANIS RIF’ATUL HUSNI, NIM. 08410199 title: INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MAN YOGYAKARTA II ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Dr. Tasman Hamami, M.A. abstract: ANIS RIF’ATUL HUSNI. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAN Yogyakarta II. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya berbagai bencana dan kasus kerusakan lingkungan baik dalam lingkup nasional maupun global yang sebenarnya berasal dari cara pandang antroposentris yang telah melahirkan perilaku eksploitatif dan tidak bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Pendidikan sebagai satu-satunya alat untuk mengubah perilaku manusia dapat dijadikan sebagai sarana ampuh untuk mengarahkan perilaku tidak peduli lingkungan menjadi perilaku tanggap lingkungan. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dipandang sebagai salah satu solusi untuk mengatasi krisis kualitas lingkungan. MAN Yogyakarta II merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah menerapkan integrasi PLH di seluruh civitas sekolah melalui program Adiwiyata. Salah satu program Adiwiyata adalah mengintegrasi PLH dalam beberapa mata pelajaran salah satunya pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep PLH di MAN Yogyakarta II, model integrasi PLH dengan pembelajaran Akidah Akhlak, pelaksanaan integrasi PLH dengan pembelajaran Akidah Akhlak kelas X Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Yogyakarta II. Subjek penelitian ini adalah Tim Pelaksana Adiwiyata, Wakil Bidang Kurikulum, Wakil Bidang Kesiswaan, Guru Akidah Akhlak Kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, mendisplay data kemudian menyimpulkan data yang ada. Dalam penarikan kesimpulan, penulis menggunakan triangulasi data dengan cara membandingkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber sehingga diperoleh data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) konsep pendidikan lingkungan hidup di MAN Yogyakarta II adalah dengan mengintegrasikan PLH dalam kurikulum sekolah yang terwujud dalam program adiwiyata. Program adiwiyata dilaksanakan melalui 4 indikator pencapaian yakni: pengembangan kebijakan madrasah berwawasan lingkungan, pelaksankan kurikulum berwawasan lingkungan, pengadaan kegiatan lingkungan partisipasif, serta pengadaan sarana dan prasarana peduli lingkungan. (2) Model integrasi PLH dengan pembelajaran akidah akhlak adalah model integrasi diadik dialogis dan model informatif. Implementasi model integrasi melalui empat tataran yakni: tataran konseptual, tataran institusional, tataran oprasional, dan tataran arsitektural (3) Pelaksanaan integrasi PLH dengan pembelajaran akidah akhlak dapat dilihat pada perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan faktor pendukung dan penghambat, evaluasi pembelajaran. Integrasi PLH dalam pembelajaran tampak pada integrasi interkoneksi ranah filsafat, ranah materi, dan ranah strategi. date: 2015-06-12 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ANIS RIF’ATUL HUSNI, NIM. 08410199 (2015) INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MAN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19048/2/08410199_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19048/1/08410199_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf