@phdthesis{digilib19054, month = {June}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KE-NU-AN UNTUK MENUMBUHKAN RASA KEBANGSAAN SISWA DI MA AL-MA?HAD AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 08410255 FATKHURROHIM}, year = {2015}, note = {Drs. Mujahid, M. Ag.}, keywords = {Pembelajaranke-NU-an dan Rasa Kebangsaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19054/}, abstract = {FATKHURROHIM. Implementasi Pembelajaran ke-NU-an untuk Menumbuhkan Rasa Kebangsaan Siswa di MA Al-Ma`had An-Nur Ngrukem Sewon Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya menumbuhkan rasa kebangsaan kepada siswa karena dalam kehidupan sosial masyarakat masih terjadi konflik-konflik baik antar suku, ras, agama atau bahkan hanya karena perbedaan pendapat saja. Untuk itu MA Al-Ma?had An-Nur menerapkan pembelajaran ke-NU-an sebagai salah satu sarana untuk menumbuhkan rasa kebangsaan siswa, karena ke-NU-an merupakan salah satu mata pelajaran mulok wajib sebagai ciri khas dari lembaga pendidikan Ma?arif NU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan implementasi pembelajaran ke-NU-an untuk menumbuhkan rasa kebangsaan siswa, serta keberhasilan pengimplementasiannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi lembaga pendidikan tersebut dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran ke-NU-an untuk menumbuhkan rasa kebangsaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA Al-Ma`had An-Nur Ngrukem Sewon Bantul. Subyek dari penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu: kepala madrasah, guru pengampu mata pelajaran ke-NU-an dan siswa-siswi kelas XII IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif, dengan langkah analisis: pengumpulan data, reduksi data, display data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Proses implementasi pembelajaran ke- NU-an untuk menumbuhkan rasa kebangsaan siswa di MA Al-Ma`had An-Nur Ngrukem menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu: metode ceramah, diskusi kelompok, keteladanan, bercerita, dan pengenalan tokoh. Dalam pembelajaran ke-NU-an, untuk menumbuhkan rasa kebangsaan disisipkan juga nilai-nilai karakter yang merupakan bagian dari karakter bangsa, diantaranya adalah: nilai religius, tanggungjawab, disiplin, toleransi, demokratis, semangat kebangsaan dan cinta tanah air. 2) Keberhasilan yang terlihat dari implementasi pembelajaran ke-NU-an untuk menumbuhkan rasa kebangsaan siswa di MA Al- Ma`had An-Nur diantaranya adalah terciptanya sikap religius, tanggung jawab, disiplin, toleransi, demokratis, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, dengan indicator-indikatornya. Dengan ditanamkannya nilai-nilai tersebut secara komplek maka akan menumbuhkan rasa kebangsaan pada diri setiap siswa.} }