<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN"^^ . "Air bersih merupakan kebutuhan maysrakat dalam kehidupan sehari-hari,\r\nsehingga pemerintah memberikan pelayanan publik berupa perusahaan air minum\r\n(PAM/PDAM) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di daerah\r\ntingkat II kabupaten/kota. PDAM Tirta Bumi Sentosa adalah perusahaan daerah\r\nKabupaten Kebumen yang memberikan layanan jasa air bagi masyarakat\r\nKebumen. Konsumen sering merasa haknya dilanggar oleh pelaku usaha, tidak\r\nterkecuali dalam pelayanan jasa air. Berbagai macam laporan aduan atau keluhan\r\npelanggan seperti air keruh atau berbau, pipa dinas bocor, air tidak mengalir, pipa\r\npersil bocor, stop kran rusak, dan pindah rangkaian meter adalah laporan yang\r\ndiadukan pelanggan atau konsumen pada tahun 2014. Dimana dalam hal ini\r\npelanggan memiliki hak yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999\r\ntentang Perlindungan Konsumen.\r\nDalam penyusunan penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan\r\n(field research) dan menggunakan pendekatan Yuridis-Normatif dalam artian,\r\nsuatu masalah dipandang berdasarkan sisi hukum kemudian dikaitkan dengan\r\nnorma yang berlaku. Metode yang digunakan penyusun ialah deskriptif analitik\r\ndalam penelitian ini. Metode tersebut diperoleh melalui data-data yang bersumber\r\npada hasil observasi, hasil wawancara, telaah pustaka serta sumber-sumber lain\r\nyang mendukung dan berkaitan dengan objek penelitian penyusun.\r\nDari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlindungan hukum\r\nterhadap pelanggan di PDAM Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen sudah\r\nsesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan\r\nKonsumen tetapi dalam praktiknya belum berjalan optimal. PDAM Tirta Bumi\r\nSentosa selalu berupaya untuk memberikan perlindungan kepada pelanggan\r\ndengan cara melaksanakan kewajibannya dan memenuhi hak-hak dari pelanggan\r\nserta memberikan informasi yang jelas terhadap pelanggan guna menjaga\r\nkepercayaan dari pelanggan. Selain itu PDAM Tirta Bumi Sentosa telah\r\nmemberikan pelayanan yang baik dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan\r\naduan dan keluhan terhadap pelanggan. Salah satu bentuk pertanggungjawaban\r\nyang dilakukan dalam menyelesaikan aduan dan keluhan pelanggan adalah\r\ndengan cara kekeluargaan untuk mencari solusi agar kepentingan kedua belah\r\npihak terpenuhi. Selain itu, PDAM Tirta Bumi Sentosa selalu berusaha untuk\r\nmenjaga kepecayaan pelanggan agar pelanggan merasa nyaman dan berupaya\r\nuntuk menjamin bahwa pelayanan yang diberikan memenuhi hak-hak pelanggan.\r\nKata kunci : Perlindungan Konsumen, Pertanggungjawaban, PDAM Tirta Bumi Sentosa, Air."^^ . "2015-09-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Syari'ah dan Ilmu Hukum, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11340082"^^ . "NUR ISMA FAROKHI"^^ . "NIM. 11340082 NUR ISMA FAROKHI"^^ . . . . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Text)"^^ . . . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19064 \n\nPRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Hukum" . .