%0 Thesis
%9 Skripsi
%A DASIMAH, NIM. 11410057
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2015
%F digilib:19085
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Kecerdasan Linguistik, Discovery Learning, Pembelajaran PAI
%T ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN LINGUISTIK  MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING  DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19085/
%X DASIMAH. Analisis Penerapan Konsep Kecerdasan Linguistik Melalui  Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP  Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.  Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran PAI di banyak  sekolah masih menggunakan metode yang tradisional. Penerapan kecerdasan  linguistik dalam PAI belum begitu dikembangkan. Padahal seharusnya untuk  mencapai tujuan PAI itu dibutuhkan proses yang memanfaatkan kecerdasan  linguistik, antara lain yaitu membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Oleh  karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang bervariasi yang memanfaatkan  kecerdasan linguistik, sehingga peserta didik aktif dalam proses pembelajaran.  Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah cara menerapkan konsep  kecerdasan linguistik melalui model discovery learning. Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan konsep  kecerdasan linguistik melalui model discovery learning dalam pembelajaran PAI  di SMP Negeri 5 Yogyakarta serta mengetahui motivasi peserta didik dalam  mengikuti pembelajaran PAI.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP  Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan  observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan  dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari  makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan  mengadakan triangulasi dua jenis, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi  metode.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan konsep kecerdasan linguistik  dalam pembelajaran PAI menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan proses  pembelajaran melalui langkah-langkah pembelajaran discovery learning. Konsep  kecerdasan linguistik sudah diterapkan pada tahap Stimulation melalui aktivitas  Immersion, Problem statement melalui aktivitas Approximination, Data  collection melalui aktivitas Immersion dan Responsiblity, Data processing  melalui aktivitas Employment, Verification melalui aktivitas Immersion dan  Approximination, dan Generalization melalui aktivitas Responsibility. (2) Dengan  adanya penerapan konsep kecerdasan linguistik dalam pembelajaran PAI ini  mampu meningkatkan motivasi peserta didik di SMP Negeri 5 Yogyakarta.  Penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan media  pembelajaran yang memadai mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam  proses pembelajaran. Rasa percaya diri peserta didik juga dinilai semakin  meningkat karena mereka diberi kebebasan oleh guru untuk menemukan konsep  dari sebuah materi melalui model pembelajaran berbasis penemuan tersebut.
%Z Dr. Muqowim, M.Ag.