%A NIM. 11410057 DASIMAH
%O Dr. Muqowim, M.Ag.
%T ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN LINGUISTIK
MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING
DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA
%X DASIMAH. Analisis Penerapan Konsep Kecerdasan Linguistik Melalui
Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran PAI di banyak
sekolah masih menggunakan metode yang tradisional. Penerapan kecerdasan
linguistik dalam PAI belum begitu dikembangkan. Padahal seharusnya untuk
mencapai tujuan PAI itu dibutuhkan proses yang memanfaatkan kecerdasan
linguistik, antara lain yaitu membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Oleh
karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang bervariasi yang memanfaatkan
kecerdasan linguistik, sehingga peserta didik aktif dalam proses pembelajaran.
Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah cara menerapkan konsep
kecerdasan linguistik melalui model discovery learning. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan konsep
kecerdasan linguistik melalui model discovery learning dalam pembelajaran PAI
di SMP Negeri 5 Yogyakarta serta mengetahui motivasi peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran PAI.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP
Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari
makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
mengadakan triangulasi dua jenis, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi
metode.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan konsep kecerdasan linguistik
dalam pembelajaran PAI menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan proses
pembelajaran melalui langkah-langkah pembelajaran discovery learning. Konsep
kecerdasan linguistik sudah diterapkan pada tahap Stimulation melalui aktivitas
Immersion, Problem statement melalui aktivitas Approximination, Data
collection melalui aktivitas Immersion dan Responsiblity, Data processing
melalui aktivitas Employment, Verification melalui aktivitas Immersion dan
Approximination, dan Generalization melalui aktivitas Responsibility. (2) Dengan
adanya penerapan konsep kecerdasan linguistik dalam pembelajaran PAI ini
mampu meningkatkan motivasi peserta didik di SMP Negeri 5 Yogyakarta.
Penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan media
pembelajaran yang memadai mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam
proses pembelajaran. Rasa percaya diri peserta didik juga dinilai semakin
meningkat karena mereka diberi kebebasan oleh guru untuk menemukan konsep
dari sebuah materi melalui model pembelajaran berbasis penemuan tersebut.
%K Kecerdasan Linguistik, Discovery Learning, Pembelajaran PAI
%D 2015
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib19085